LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 4 GAMPING

EKA SEPTIYANINGRUM, EKA SEPTIYANINGRUM (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 4 GAMPING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Eka Septiyaningrum (13312241053) Pendidikan IPA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta harus menempuh mata kuliah wajib sesuai kurikulum yang dicanangkan. Salah satu mata kuliah wajib tersebut adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang memiliki bobot 3 sks. PPL ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Praktikan diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pengabdian diri mahasiswa kepada masyarakat. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan di SMP Negeri 4 Gamping yang terletak di Kalimanjung, Ambarketawang, Gamping, Sleman D.I. Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap, yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas VII F sebanyak 10 kali pertemuan dan kelas VIII F sebanyak 9 kali pertemuan. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih 2 bulan di SMP Negeri 4 Gamping ini dapat dirasakan hasilnya oleh mahasiswa berupa kesempatan penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang pendidikan IPA yang telah diperoleh selama kuliah. PPL juga memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa dalam menghadapi dunia pendidikan. Dengan melaksanakan PPL, mahasiswa memperoleh gambaran bagaimana tugas seorang guru dengan demikian siap untuk melaksanakan tugas sebagai seorang guru setelah lulus.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Feb 2017 01:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47014

Actions (login required)

View Item View Item