STRUKTUR KELOMPOK MONYET EKOR PANJANG (Macaca fascicularis, Raffles 1821) DAN INTERAKSINYA DENGAN PENDUDUK SEKITAR SUAKA MARGASATWA PALIYAN

Hidayat, Ahmad Arifandy (2016) STRUKTUR KELOMPOK MONYET EKOR PANJANG (Macaca fascicularis, Raffles 1821) DAN INTERAKSINYA DENGAN PENDUDUK SEKITAR SUAKA MARGASATWA PALIYAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
AHMAD ARIFANDY HIDAYAT.pdf

Download (444kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui struktur kelompok monyet ekor panjang di Suaka Margasatwa Paliyan, (2) mengetahui deteksi dan reaksi monyet ekor panjang terhadap kehadiran manusia di Suaka Margasatwa Paliyan, (3) mengetahui interaksi monyet ekor panjang dengan penduduk sekitar Suaka Margasatwa Paliyan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain deskriptif exploratif dengan metode survey exploratif dan observasi yang sesuai kenyataan di lapangan. Pengumpulan data struktur kelompok monyet ekor panjang menggunakan metode concentration count dengan pengamatan dititikberatkan pada pohon tempat tidur kelompok monyet ekor panjang di dua stasiun pengamatan, data deteksi monyet ekor panjang terhadap kehadiran manusia dikumpulkan dengan metode deteksi awal dan akhir, sedangkan data reaksi dikumpulkan menggunakan metode kategori reaksi positif, netral dan negatif. Identifikasi interaksi penduduk sekitar dengan monyet ekor panjang didapat dari pengamatan dan wawancara kepada penduduk sekitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) struktur kelompok monyet ekor panjang di stasiun pengamatan satu habitat terganggu dekat dengan pemukiman sebanyak 33 ekor terdiri dari 9 ekor jantan dewasa, 16 ekor betina dewasa, 5 ekor juvenile dan 3 ekor Invant sedangkan struktur kelompok di stasiun pengamatan dua habitat tak terganggu jauh dari pemukiman sejumlah 25 ekor terdiri dari 6 ekor jantan dewasa, 10 ekor betina dewasa, 5 ekor juvenile dan 4 ekor invant (2) monyet ekor panjang stasiun pengamatan dua memiliki tingkat kewaspadaan yang lebih baik dibandingkan stasiun pengamatan satu dengan perbandingan persentase 64 % : 27 %. (3) Interaksi monyet ekor panjang dengan penduduk sekitar lebih banyak terjadi pada stasiun pengamatan satu dibandingkan stasiun pengamatan dua. Kata kunci: Interaksi, Macaca fascicularis, Struktur kelompok. Suaka Margasatwa Paliyan, struktur kelompok.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 13 Feb 2017 08:03
Last Modified: 30 Jan 2019 13:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47008

Actions (login required)

View Item View Item