Rintisan Bank Soal Berbasis Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) untuk Mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Apriyanti, Apriyanti (2010) Rintisan Bank Soal Berbasis Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) untuk Mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-apriyanti-08701251007.swf

Download (20MB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk merintis model bank soal Bahasa Indonesia di Provinsi DIY, sedangkan tujuan khususnya adalah untuk: (1) mendeskripsikan karakteristik butir soal berdasarkan; (a) analisis kualitatif dengan expert judgement, (b) analisis empiris dengan Iteman, dan (c) analisis empiris dengan Bilog MG, dan (2) menentukan jumlah butir soal UKK Bahasa Indonesia SMP di provinsi DIY yang dapat direkomendasikan dalam bank soal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian berupa 6313 respons siswa yang diambil dari tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Sleman, Gunungkidul dan Kulonprogo. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif melalui expert judgement, dan analisis kuantitatif dengan Iteman 3.00 dan Bilog MG 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) karakteristik butir soal perangkat tes UKK Bahasa Indonesia SMP di 3 kabupaten di Provinsi DIY secara kualitatif dengan expert judgement, dari 150 butir soal sebanyak 142 butir soal (94,67%) dinyatakan baik, secara kuantitatif dengan program Iteman 3.00 sebanyak 64 (42,67%) butir soal tergolong baik, dan dengan Bilog MG 3 PL sebanyak 34 butir soal (54,84%) tergolong dalam kategori baik. (2) terdapat 34 butir soal dari perangkat tes UKK Bahasa Indonesia SMP yang dapat direkomendasikan dalam bank soal.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bank soal, Ulangan Kenaikan Kelas
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 10 Feb 2017 03:25
Last Modified: 10 Feb 2017 03:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47000

Actions (login required)

View Item View Item