LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SDN MINOMARTANI 1 Mlandangan, Minomartani, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta 55581

NURUL UTAMI, NURUL UTAMI (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SDN MINOMARTANI 1 Mlandangan, Minomartani, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta 55581. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL 2016_Nurul Utami_13108241093_PGSD S1.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang diselenggarakan Universitas Negeri Yogyakarta pada semester khusus tahun ajaran 2016/2017 merupakan suatu program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya di bidang pendidikan. SD Negeri Minomartani 1 menjadi salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun ajaran 2016/2017. Tujuan dari adanya program Praktik Pengalaman Lapangan yaitu memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk melatih dan mengembangkan profesionalitas dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami kondisi sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah diperoleh selama perkuliahan dalam proses pembelajaran di sekolah. Program PPL ini meliputi praktik mengajar terbimbing sebanyak 4 kali, kali yang dilaksanakan tanggal 1 Agustus 2016; 5 Agustus 2016; 26 Agustus 2016; dan 27 Agustus 2016; praktik mengajar mandiri sebanyak 4 kali yang dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2016; 13 Agustus 2016; 19 Agustus 2016; dan 30 Agustus 2016. Selain itu dilaksanakan pula ujian praktik mengajar sebanyak satu kali pada tanggal 15 September 2016. Pelaksanaan kegiatan PPL terdiri dari tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi pembekalan dan orientasi pengajaran mikro, pengamatan AVA, praktik pengajaran mikro, observasi pembelajaran, dan membuat persiapan mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap analisis hasil berisi hasil pelaksanaan, hambatan, solusi, dan refleksi. Dari pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL mampu memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan lebih mengenal kondisi sekolah serta segala permasalahan yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik Mengajar, SD Minomartani 1
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Feb 2017 08:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46995

Actions (login required)

View Item View Item