LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI MINOMARTANI 1 Mlandangan Minomartani Ngaglik Sleman D. I. Yogyakarta 55581

M Bagus Pratama, M Bagus Pratama (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI MINOMARTANI 1 Mlandangan Minomartani Ngaglik Sleman D. I. Yogyakarta 55581. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL 2016_Mohamad bagus Pratama_13604221003_PGSD PENJAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan Program Praktik Pengalaman Lapangan pada semester khusus 2016. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya yang disesuaikan dengan program studi dalam bidang pendidikan. SD Negeri Minomartani 1 merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi pelaksanaan PPL pada tahun 2016. Tujuan dari program PPL adalah untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan profesionalisme dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Praktik mengajar terbimbing meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi tahap observasi sekolah, penyusunan program, dan pengajuan proposal. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian praktik. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Program PPL ini meliputi kegiatan mengajar dan non mengajar. Kegiatan Mengajar ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar dimulai tanggal 25 Juli sampai dengan 1 September 2016. Kegiatan non mengajar meliputi penerjunan PPL, bersih-bersih tempat transit PPL, observasi sarana dan prasarana di SDN Minomartani 1, mengikuti upacara bendera, pendampingan latihan upacara bendera, administrasi Kelas I, administrasi Kelas II, adminitrasi Kelas III, adminitrasi Kelas IV, adminitrasi Kelas V, adminitrasi Kelas VI, pendampingan GSM, administrasi Perpustakaan, , pengelolaan perpustakaan, kunjungan DPL, lomba memperingati HUT RI Ke-71, upacara HUT RI Ke 71, mengikuti senam pagi, olahraga, kerja bakti, pendampingan kegiatan ekstrakurikuler, rapat koordinasi kelompok PPL, pembuatan lapangan olahraga, pembuatan lapangan permainan, menunggu kelas yang kosong, membantu Teman PPL, peringatan Hari Pramuka, Haornas, program 3S (Salam, Senyum, Sapa), perayaan Idhul Adha, pembuatan laporan PPL, penarikan PPL. Pelaksanaan program PPL di SD Negeri Minomartani 1 berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, akan tetapi dengan kerja sama yang solid antara para mahasiswa PPL sehingga dapat mengatasi permasalahan yang ada. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program , SD N Minomartani 1
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Feb 2017 08:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46991

Actions (login required)

View Item View Item