EKSPLORASI MIKORIZA VESIKULAR ARBUSKULAR (MVA) PADA RIZOSFER GULMA SIAM (Chromolaena odorata) (L.) R.M. King and H. Robinson

Widyaningrum, Nrangwethi (2016) EKSPLORASI MIKORIZA VESIKULAR ARBUSKULAR (MVA) PADA RIZOSFER GULMA SIAM (Chromolaena odorata) (L.) R.M. King and H. Robinson. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
NRANGWESTHI WIDYANINGRUM.pdf

Download (549kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis Mikoriza Vesikular Arbuskular (MVA), MVA apa yang mendominasi, dan ada tidaknya perbedaan komposisi jenis MVA pada rizosfer gulma siam pada tiga lahan berbeda (karst, pantai berpasir, vulkanis). Jenis penelitian ini adalah eksploratif dengan objek penelitian berupa Mikoriza Vesikular Arbuskular (MVA) pada rizosfer gulma siam (Chromolaena odorata) dengan metode penelitian observasi. Isolasi spora MVA menggunakan metode ekstraksi mengikuti metode Daniel dan Skipper (1982). Pewarnaan akar tanaman gulma siam menggunakan metode Clearing and Staining menurut Kormanik dan Graw (1982). Hasil penelitian menunjukkan jenis spora Mikoriza Vesikular Arbuskular (MVA) yang berhasil diisolasi dan diidentifikasi dari rizosfer gulma siam (Chromolaena odorata) di ketiga lokasi pengambilan sampel (lahan karst, pantai berpasir, dan vulkanis) terdapat 2 genus yaitu Glomus (7 jenis) dan Gigaspora (5 jenis). Mikoriza Vesikular Arbuskular (MVA) paling mendominasi lingkungan rizosfer gulma siam pada pengambilan 3 lokasi berbeda (lahan karst, pantai berpasir, dan vulkanis) adalah Glomus. Perbedaan sifat fisik dan kimia tanah pada ketiga lahan tersebut menyebabkan perbedaan komposisi genus MVA. Lahan karst dengan kondisi tekstur tanah berliat ditemukan sebanyak 6 spesies MVA, 4 spesies dari genus Glomus dan 2 spesies dari genus Gigaspora. Lahan pantai berpasir dengan tekstur berpasir ditemukan sebanyak 10 spesies MVA, 5 dari genus Glomus dan 5 dari genus Gigaspora. Lahan vulkanis dengan tekstur pasir berlempung ditemukan sebanyak 10 spesies MVA, 6 dari genus Glomus dan 4 dari genus Gigaspora. Kata Kunci : Chromolaena odorata, Gigaspora, Glomus, Mikoriza Vesikular Arbuskular (MVA)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 09 Feb 2017 02:35
Last Modified: 30 Jan 2019 13:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46984

Actions (login required)

View Item View Item