IDA SUKMAWATI TIMUR, IDA SUKMAWATI TIMUR (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 SMP NEGERI 2 GAMPING Jalan Jambon, Trihanggo, Gamping, Sleman Telp. (0274) 641574. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
IDA SUKMAWATI_PKNH_13401241023.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2016 yang berlokasi di SMP Negeri 2 Gamping telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 Juli – 15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 12 mahasiswa dari 6 program studi, yaitu Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan IPS, Pendidikan IPA, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, dan Pendidikan Seni Musik. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman factual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya yang ada di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi silabus, pemetaan, dan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal ulangan harian dan kisi-kisi, analisis butir soal, analisis nilai ulangan harian,serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016, dilakukan sebanyak 20 kali pertemuan di kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E, VII F dan setelah ada PPL dari UNY hanya mengajar 3 kelas yaitu, VII B, VII D dan VII F. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Namun terdapat hambatan yang ditemui praktik andala mmelaksanakan PPL yakni praktikan masih kurang dalam penguasaan kelas, selama pembelajaran berlangsung seringkali praktikan mengalami kesulitan dalam mengontrol siswa terutama saat menerangkan materi karena ada sebagian siswa yang tidak memperhatikan. Ketika diberi umpan balik, untuk menanyakan kejelasan dan ketidak jelasan siswa terhadap materi, hanya sedikit siswa yang memberikan respon. Praktikan menyadari bahwa munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PPL adalah hal yang wajar. Karena hal ini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi praktikan selama kegiatan PPL.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, Universitas Negeri Yogyakarta |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 09 Feb 2017 00:24 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46971 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |