LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2016/2017 SMP NEGERI 2 GAMPING Jl. Jambon, Trihanggo, Gamping, Sleman

Audhita Dewanti Saputri, Audhita Dewanti Saputri (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2016/2017 SMP NEGERI 2 GAMPING Jl. Jambon, Trihanggo, Gamping, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
AUDHITA DS_PBSI_13201241037.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran di sekolah. Tujuan dari kegiatan PPL adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan atau tenaga pendidikan. PPL juga merupakan implementasi salah satu butir Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran. PPL dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli sampai dengan tanggal 15 September 2016 bertempat di SMP Negeri 2 Gamping yang beralamat di Trihanggo, Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada kegiatan PPL ini dilaksanakan berbagai program yang didukung dengan keterampilan mahasiswa yang diperoleh selama berada di perguruan tinggi, serta kondisi lingkungan sekolah dan warga sekolah. Sebelum memulai kegiatan PPL atau mengajar, terlebih dahulu mahasiswa melakukan persiapan dengan mengikuti mata kuliah wajib lulus yaitu Pengajaran Mikro, pembekalan PPL, dan observasi untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penyusunan program kerja. Hasil observasi dapat menunjukkan beberapa permasalahan di sekolah ataupun potensi-potensi yang dapat diberdayakan dan dikembangkan di sekolah. Hasil observasi tersebut juga sangat membantu mahasiswa dalam merencanakan program PPL, misalnya konsultasi dengan guru pembimbimg, konsultasi dengan dosen pembimbing PPL, membuat perangkat pembelajaran (RPP), mencari bahan mengajar, membuat atau mencari media pembelajaran, mengajar, membuat lembar kerja siswa, mengoreksi lembar kerja siswa, memasukkan nilai, mendampingi kegiatan siswa, membuat laporan PPL, dan administrasi guru. Program-program PPL dilaksanakan melalui tahap persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil. Program atau kegiatan PPL telah dikonsultasikan dan dibimbing oleh DPL, kepala sekolah, koordinator PPL di sekolah, guru, staf, dan karyawan. Serta atas partisipasi dan dukungan dari siswa SMP N 2 Gamping. Melalui kegiatan PPL, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman mengajar dan pengalaman yang berkaitan dengan tugas guru di sekolah baik secara teri maupun praktik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 2 Gamping, Pengajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Feb 2017 00:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46965

Actions (login required)

View Item View Item