Irtawidjajanti, Sri (2010) Studi Implementasi Kurikulum 2004 Program Keahlian Tata Keahlian Tata Kecantikan di SMK Negeri Se – Jabotabek. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-sri-irtawidjajanti-037225004.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) tingkat pemahaman guru mata diklat produktif terhadap kurikulum SMK edisi 2004 pada program tata kecantikan dalam perencanaan pembelajaran; (2) tingkat efektivitas pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas; (3) tingkat efektivitas evaluasi pembelajaran; dan (4) tingkat kesulitan atau hambatan – hambatan yang dihadapi guru mata diklat produktif dalam implementasi kurikulum SMK edisi 2004. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru produktif program tata kecantikan SMK se – Jabotabek. Mengingat jumlah populasi penelitian hanya 19 orang guru produktif, maka populasi diteliti secara keseluruhan. Populasi tersebar di tiga tempat, yaitu; di SMK Negeri 27 Jakarta sebanyak 7 orang, di SMK Negeri 3 Bogor sebanyak 6 orang dan SMK Negeri 3 Tangerang sebanyak 6 orang guru produktif program keahlian Tata Kecantikan. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan analisis deskriptif. Instrumen pengumpulan data untuk masing – masing variabel telah diujicobakan dan telah memenuhi persyaratan kesahihan (validitas) dan keandalan. Untuk melengkapi data dilakukan wawancara tidak terstruktur, wawancara dilakukan terhadap; 26 orang dari Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), Wakil Kepala Sekolah Kurikulum dan Ketua Jurusan Tata Kecantikan se – Jabotabek. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat pemahaman guru produktif terhadap kurikulum SMK edisi 2004 tinggi. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata secara keseluruhan dan nilai persentase terbesar ada pada kategori tinggi 100%. Tingkat efektivitas pelaksanaan di dalam kelas rata-rata keseluruhan menunjukan keadaan yang tinggi (efektif), yaitu 92,3%. Tingkat efektivitas psoses evaluasi dengan rata-rata keseluruhan menunjukan keadaan yang tinggi (efektif), yaitu 92,3%. Hambatan – hambatan dalam implementasi kurikulum SMK edisi 2004 rata-rata menunjukan keadaan yang tinggi (tidak mendapat hambatan) dengan nilai persentase yaitu 100%. Secara keseluruhan, implementasi kurikulum SMK edisi 2004 oleh guru produktif program keahlian tata kecantikan adalah dalam kondisi yang tinggi.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kurikulum 2004, Sekolah Menengah Kejuruan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 08 Feb 2017 03:04 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 07:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46956 |
Actions (login required)
View Item |