Modok, Renold Harse (2010) Keefektifan Pembelajaran Bengkel Kerja Praktik Listrik SMK Kota Kupang. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-renold-harse-modok-08702251019.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tingkat penguasaan materi pembelajaran, metode, kemampuan mengevaluasi, dan keefektifan pembelajaran bengkel kerja praktik pada SMK Progaram Keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik (TPTL) di Kota Kupang dan, (2) mengetahui besarnya pengaruh penguasaan materi pembelajaran praktik, penggunaan metode, kemampuan mengevaluasi baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap keefektifan pembelajaran bengkel kerja praktik. Jenis penelitian adalah penelitian ex post facto dan populasi penelitian adalah siswa kelas XI sebanyak 110 orang. Dengan teknik proportional random sampling, maka sampel yang digunakan sebesar 90 orang. Teknik pengumpulan data dipakai kuesioner dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi statistik dan analisis regresi antara variabel bebas dan terikat. Proses perhitungan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 15.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat penguasaan materi pembelajaran praktik berada pada kategori baik, penggunaan metode berada pada kategori baik, kemampuan mengevaluasi berada pada kategori baik, dan keefektifan pembelajaran bengkel kerja praktik pada SMK Progaram Keahlian TPTL di Kota Kupang berada pada kategori sangat baik dimana rata-rata 77,66 dengan nilai tertinggi 81,90; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penguasaan materi pembelajaran praktik terhadap keefektifan pembelajaran bengkel kerja praktik (r = 0,726); (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan metode pengajaran praktik terhadap keefektifan pembelajaran bengkel kerja praktik(r = 0,772); (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemampuan mengevaluasi pembelajaran praktik terhadap keefektifan pembelajaran bengkel kerja praktik (r = 0, 677); dan (5) terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan materi pembelajaran praktik, penggunaan metode pengajaran praktik, kemampuan mengevaluasi pembelajaran praktik secara bersama-sama terhadap keefektifan pembelajaran bengkel kerja praktik (Adjusted R2 = 0,628).
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keefektifan, pembelajaran, bengkel kerja praktik |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 08 Feb 2017 02:54 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 07:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46955 |
Actions (login required)
View Item |