Sakilah, Sakilah (2009) Penanaman Nilai Nasionalisme melalui Pembelajaran IPS pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Pekanbaru. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-sakilah-07712259066.swf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengungkapkan upaya penanaman nilai nasionalisme melalui pembelajaran IPS dan mengungkapkan faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi upaya penanaman nilai nasionalisme dalam pembelajaran IPS pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif naturalistik, dengan subjek penelitian guru IPS, siswa kelas IV dan V di MIN Pekanbaru. Informasi diperoleh dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan kesiswaan, serta guru-guru lain dalam rangka triangulasi data. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan cara: analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen, dan analisis tema. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) persiapan pembelajaran yang dibuat oleh guru IPS sudah mengacu kepada kurikulum 2006. namun upaya penanaman nilai nasionalisme tidak diuraikan secara jelas dalam persiapan pembelajaran, mengakibatkan penanaman nilai nasionalisme melalui pembelajaran IPS kurang optimal dilaksanakan, (2) faktor pendukung yang mempengaruhi upaya penanaman nilai nasionalisme adalah kompetensi pedagogik dan profesional guru IPS, latar belakang siswa, rasa nasionalisme dalam pembelajaran IPS, dan lingkungan belajar yang kondusif, dan faktor penghambat upaya penanaman nilai nasionalisme adalah rendahnya motivasi belajar siswa, penerapan metode yang monoton, penggunaan media kurang efektif, keterbatasan waktu untuk bidang studi IPS, kurangnya wawasan guru tentang arti nasionalisme.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan dasar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 30 Aug 2012 13:28 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 04:04 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4695 |
Actions (login required)
View Item |