LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIRI SLEMAN Jalan Kaliurang Km 7,8 Sinduharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta Periode 15 Juli 2016 – 15 September 2016

RAHMAT FAUZI GUNAWAN, RAHMAT FAUZI GUNAWAN (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIRI SLEMAN Jalan Kaliurang Km 7,8 Sinduharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta Periode 15 Juli 2016 – 15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RAHMAT FAUZI GUNAWAN_PPLUNY2016_SMKPIRISLEMAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. SMK Piri Sleman yang beralamat di Jalan Kaliurang km 7,8 Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta merupakan salah satu sekolah yang dijadikan lokasi PPL tahun ini. Sekolah ini memiliki fasilitas yang cukup baik dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing dan observasi kegiatan pembelajaran. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran. Praktik mengajar dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa mengajar mata pelajaran Perawatan dan Pemeliharaan Motor Otomotif kelas XI KRA dan XI KRB. Setelah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 12 kali pertemuan dan persekolahan, maka didapatkan hasil bahwa siswa SMK PIRI Sleman rata-rata mempunyai kesungguhan belajar yang baik. Dalam mewujudkan output yang baik, pihak sekolah menjalankan lembaganya secara profesional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, menjalin hubungan antar personal, melengkapi sarana dan prasarana dan tertib administrasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, PPL, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Feb 2017 01:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46938

Actions (login required)

View Item View Item