Relevansi Praktik Laboratorium Pendidikan Administrasi Perkantoran dan Jenis Pekerjaan di Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara Yogyakarta

Purwanto, Purwanto (2010) Relevansi Praktik Laboratorium Pendidikan Administrasi Perkantoran dan Jenis Pekerjaan di Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-purwanto-08702254002.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Relevansi Proses Pembelajaran Praktik Laboratorium dan Jenis Pekerjaan Administrasi Perkantoran Dalam Membentuk Kompetensi Bidang Administrasi Perkantoran bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FISE UNY. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, populasi penelitian adalah seluruh peserta PKL mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, berjumlah 106 orang. Sedangkan untuk dosen pembimbing berjumlah 30 orang, dengan menggunakan teknik purposif sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket. Uji validitas butir dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan teknik deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat relevansi materi praktik di laboratorium dan jenis pekerjaan di lembaga mitra, diperoleh dengan kategori tinggi antara hasil analisis data mahasiswa dan dosen pembimbing sebanyak 54 orang atau (50,90%), dan sebanyak 16 orang atau (53,30%). (2) pembelajaran praktik di laboratorium Pendidikan Administrasi Perkantoran sesuai dengan jenis pekerjaan di lembaga mitra dengan hasil tinggi antara analisis data mahasiswa dan dosen pembimbing sebanyak 51 orang atau (48,10%) dan sebanyak 16 orang atau (53,30%); 3) tingkat keterampilan mahasiswa dalam melakukan praktik sesuai dengan harapan lembaga mitra dengan hasil tinggi antara analisis data mahasiswa dan dosen pembimbing sebanyak 51 orang atau (48,10%) dan sebanyak 16 orang atau 53,30%).; (4) sarana dan prasarana laboratorium Pendidikan Administrasi Perkantoran sudah layak dalam membentuk kompetensi bidang administrasi bagi mahasiswa Prodi Pend. Administrasi Perkantoran dengan hasil tinggi, sebanyak 51 mahasiswa (48,1%).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: praktik laboratorium, pendidikan administrasi perkantoran, jenis pekerjaan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2017 01:49
Last Modified: 29 Jan 2019 12:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46905

Actions (login required)

View Item View Item