EFEKTIVITAS STRATEGI WRITING WORKSHOP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI GODEAN

Dwi Nur Fauzi, Rizki (2017) EFEKTIVITAS STRATEGI WRITING WORKSHOP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI GODEAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI - Rizki Dwi Nur Fauzi - 12201244034 - PBSI 2012 - FBS UNY.pdf
Restricted to Registered users only until 13 January 2022.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, mengetahui perbedaan keterampilan menulis deskripsi antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi writing workshop dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi writing workshop. Kedua, mengetahui keefektifan strategi writing workshop dalam pembelajaran menulis deskripsi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri Godean. Berdasarkan teknik cluster random sampling, ditetapkan Kelas VII B sebagai kelompok eksperimen dan Kelas VII D sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa pretes dan postes. Validitas instrumen berupa expert judgement. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian dilakukan dengan bantuan program SPSS 22.0. Berdasarkan hasil analisis, dapat ditarik dua kesimpulan. Pertama, terdapat perbedaan kemampuan menulis deskripsi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi writing workshop dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi writing workshop. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan uji-t data postes kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 6,666 dan nilai p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05 = signifikan). Kedua, strategi writing workshop efektif digunakan dalam pembelajaran menulis deskripsi. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji-t data pretes dan postes kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar -8,221 dan nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05 = signifikan). Nilai rata-rata kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 5,97, sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan sebesar 0,84.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi writing workshop, menulis deskripsi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 Feb 2017 06:17
Last Modified: 30 Jan 2019 13:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46887

Actions (login required)

View Item View Item