PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI IBB KURIKULUM 2013 SMA NEGERI 2 WONOSOBO

Ruvianto Indra, Zulfan (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI IBB KURIKULUM 2013 SMA NEGERI 2 WONOSOBO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Zulfan Ruvianto Indra (12201241058) PBSI.pdf
Restricted to Registered users only until 12 January 2022.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran memproduksi teks cerita pendek pada siswa kelas XI IBB yang telah menerapkan pembelajaran kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Wonosobo meliputi pemilihan materi, penggunaan metode, pemanfaatan media, pelaksanaan evaluasi, faktor-faktor pendukung dan kendala pembelajarannya. Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas XI IBB di SMA Negeri 2 Wonosobo, sedangkan objek penelitiannya adalah pelaksanaan pembelajaran memproduksi teks cerita pendek pada kurikulum 2013 yang meliputi materi, tujuan, metode, media, evaluasi, faktor pendukung dan kendala. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan validitas data. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data antara lain: lembar pengamatan, lembar wawancara, dan lembar penilaian memproduksi teks cerita pendek. Keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan hal-hal berikut. Pertama, penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran memproduksi teks cerita pendek menggunakan pendekatan saintifik. Kedua, pemilihan materi pembelajaran memproduksi teks cerita pendek menggunakan Buku Siswa (Bahasa Indonesia Ekspresi diri dan Akademik Kelas XI Kemendikbud RI). Pada penggunaan metode meliputi ceramah, tanya jawab, penugasan, dan discovery learning. Media pembelajaran yang digunakan adalah media visual yang tidak dapat diproyeksikan. Penggunaan media pembelajaran masih kurang optimal karena fasilitas pendukung pembelajaran di kelas yang masih perlu ditambah. Evaluasi meliputi penilaian proses dan penilaian hasil pembelajaran memproduksi teks cerita pada siswa kelas XI IBB SMA Negeri 2 Wonosobo sudah tertulis dengan lengkap dalam RPP. Namun, teknis penilaian hasil dan pelaksanaan penilaian belum terlaksana secara optimal karena cara evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru kurang sesuai dengan yang tertera dalam RPP. Ketiga, faktor pendukung pembelajaran yaitu buku ajar telah disediakan oleh sekolah untuk masing-masing siswa dan kendala pembelajaran berupa kurangnya motivasi siswa dalam memproduksi teks cerita pendek.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, memproduksi teks, teks cerita pendek
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 Feb 2017 06:17
Last Modified: 30 Jan 2019 13:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46882

Actions (login required)

View Item View Item