LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II / MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SLB YAPENAS Jl. Panuluh, Pringwulung, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Fransisca Vernanda Saputri, Fransisca Vernanda Saputri (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II / MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SLB YAPENAS Jl. Panuluh, Pringwulung, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FRANSISKA VERNANDA SAPUTRI.pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman mengajar merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mampu memperoleh pengalaman secara nyata dan tertanamnya etos kerja yang baik dalam diri mahasiswa. Dewasa ini banyak ditemui bahwa kemampuan pendidik dalam menangani anak berkebutuhan khusus termasuk dalam kategori kurang baik, hal tersebut dikarenakan pengalaman yang kurang dan kemampuan pemahaman teori mengajar yang kurang baik, oleh karena itu Praktik Pengalaman mengajar dalam Program PPL/Magang III wajib untuk di ikuti oleh mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Sebelum pelaksanaan PPL dimulai, mahasiswa terlebih dahulu melakukan observasi untuk memperoleh data yang diperlukan sebelum menyusun RPP dan program kerja yang akan dilaksanakan. Data tersebut meliputi kondisi sekolah yang berkaitan dengan sarana dan prasarana, kegiatan pembelajaran, serta potensi yang ada di SLB Yapenas. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar terbimbing dimulai dari tanggal 31 Agustus sampai dengan 10 September 2015, dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan yaitu dengan satu subjek yang bernama Happy Tri Evania Putri duduk dikelas IV SDLB. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Program kegiatan PPL yang dilakukan oleh penulis ialah memberikan stimulus pada bidang kognitif, afektif dan psikomotor pada anak melalui program pembelajaran pra akademik, sehingga nantinya anak mampu mengikuti pelajaran akademik dengan baik ketika anak sudah duduk di bangku sekolah dasar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SLB Yapenas
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Feb 2017 07:46
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46881

Actions (login required)

View Item View Item