LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SLB YAPENAS Jalan Panuluh Dusun Pringwulung, Desa condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman.

RISKA WIDYANASARI, RISKA WIDYANASARI (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SLB YAPENAS Jalan Panuluh Dusun Pringwulung, Desa condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RISKA WIDYANASARI.pdf

Download (349kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan PPL II dilakukan mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016 bertempat di SLB Yapenas yang beralamay di dusun Pringwulung, Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Sleman, DIY. PPL UNY di SLB Yapenas merupakan salah satu program kegiatan yang dilaksanakan oleh PP PPL dan PKL LPPMP UNY untuk mahasiswa UNY dalam penerapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbarui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat (dalam hal ini dunia pendidikan) yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan pelaksanaan PPL UNY di SLB Yapenas tahun 2016 ini. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi (1) observasi dan asesmen yang telah terlaksana pada program PPL I yang bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang potensi akademik maupun kekurangan yang dihadapi oleh peserta didik, (2) penyusunan RPP, (3) pembuatan media pembelajaran, (4) praktik memngajar, serta pendampingan pelaksanaan kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah seperti kegiatan kelas keterampilan memasak dan menggantikan guru yang berhalangan hadir. Praktik mengajar mandiri dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan yaitu dengan subyek bernama Imam Kurniawan Febrianto duduk di kelas V SDLB Tunadaksa. Secara umum, program berjalan dengan baik dengan bimbingan dari guru dan dosen pembimbing lapangan. Selain itu, pelaksanaan PPL ini mampu memberikan pengalaman kepada mahasiswa berkaitan dengan proses pendidikan dan pembelajaran di SLB Yapenas

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SLB Yapenas
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Feb 2017 07:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46879

Actions (login required)

View Item View Item