LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) II/ MAGANG III DI SEKOLAH LUAR BIASA YAPENAS Alamat : Jalan Panuluh Pringwulung Condongcatur Depok Sleman

Mia Fatimah Yoga Pradani, Mia Fatimah Yoga Pradani (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) II/ MAGANG III DI SEKOLAH LUAR BIASA YAPENAS Alamat : Jalan Panuluh Pringwulung Condongcatur Depok Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MIA FATIMAH YOGA P.pdf

Download (365kB) | Preview

Abstract

Praktek pengalaman mengajar dalam program PPL wajib untuk diikuti oleh seluruh mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajari di bangku perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual. Kegiatan PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan ( PPL ) Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun ajaran 2016 / 2017 yang berlokasi di SLB Yapenas telah dilaksanakan dari tanggal 26 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Sebelum pelaksanaan PPL II dimulai, mahasiswa terlebih dahulu melakukan observasi dan asesmen untuk memilih dan mengumpulkan data subyek dan data kondisi sekolah. Pelaksanaan observasi yakni selama 1 semester, dengan alokasi waktu 3 kali dalam satu minggu. Dalam kegiatan observasi, mahasiswa memilih salah satu subyek yaitu Muslikhin yang saat ini duduk di kelas VI SDLB C. Subyek termasuk siswa tunagrahita ringan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, mengajar secara akademik maupuin non akademik seperti bina diri, konsultasi dengan guru pendamping lapangan, persiapan pelaksanaan mengajar, mempersiapkan media dan alat pembelajaran, bimbingan belajar membaca, evaluasi kegiatan pembelajaran, upacara bendera hari senin, TPA, pembuatan lapangan voli, lomba dan upacara peringatan HUT RI serta menyusun laporan PPL pada akhir kegiatan. Praktek mengajar baik terbimbing maupun mandiri dimulai dari tanggal 19 Juli 2016 sampai dengan tanggal 7 September 2016. Dalam melakukan praktek mengajar mandiri, mahasiswa melakukan selama 8 kali pertemuan. Media yang digunakan untuk praktek mengajar yaitu gambar, teks bacaan sederhana dan benda nyata. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu pengamatan, drill, diskusi, tanya jawab, demonstrasi dan unjuk kerja. Secara umum, program berjalan dengan baik dengan bimbingan dari guru dan dosen pembimbing lapangan. Selain itu, pelaksanaan PPL ini mampu memberikan pengalaman kepada mahasiswa berkaitan dengan proses pendidikan dan pembelajaran di SLB Yapenas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SLB Yapenas
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Feb 2017 07:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46877

Actions (login required)

View Item View Item