KEEFEKTIFAN STRATEGI ESTAFET WRITING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS IX SMP

Nugrahanto, Septya (2017) KEEFEKTIFAN STRATEGI ESTAFET WRITING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS IX SMP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI SEPTYA NUGRAHANTO 12201244012 PBSI 2012 FBS UNY.pdf
Restricted to Registered users only until 12 January 2022.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan keterampilan menulis cerita pendek antara kelompok yang menggunakan strategi estafet writing dengan kelompok yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional siswa kelas IX SMP Negeri 4 Wates dan (2) keefektifan strategi estafet writing dalam pembelajaran menulis cerita pendek siswa kelas IX SMP Negeri 4 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen desain penelitian adalah Control Group Pretest Postest Design. Pengambilan data menggunakan teknik tes yang berupa tes menulis cerita pendek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 4 Wates yang terdiri dari enam kelas. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu IXA dan IXC. Instrumen penelitian berupa soal menulis cerita pendek. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan pertimbangan ahli. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Sebelum data dianalisis, diperlukan uji persyaratan analisis data yaitu, uji normalitas dan uji homogenitas. Pengolahan data semua dibantu dengan IBM SPSS Statistics 22. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. Pertama, ada perbedaan keterampilan menulis cerita pendek antara kelompok eksperimen yang menggunakan strategi estafet writing dengan kelompok kontrol yang menggunakan strategi konvensional, ditunjukkan dengan perolehan uji-t skor postes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai p 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (p<0,05). Kedua, strategi estafet writing efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerita pendek, ditunjukkan dengan perolehan uji-t pretes dan postes kelompok eksperimen dengan nilai p 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (p<0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi estafet writing, menulis cerita pendek
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 Feb 2017 06:20
Last Modified: 30 Jan 2019 13:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46858

Actions (login required)

View Item View Item