ANALISIS CERPEN SISWA KELAS VII SMP/MTS NEGERI SE-KECAMATAN PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA BERDASARKAN STRUKTUR NARASI DAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK

Puspasari, Tria (2017) ANALISIS CERPEN SISWA KELAS VII SMP/MTS NEGERI SE-KECAMATAN PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA BERDASARKAN STRUKTUR NARASI DAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI - TRIA PUSPASARI - 12201244049 - PBSI 2012 - FBS UNY.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan struktur narasi cerpen yang meliputi: abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda 2)mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik cerpen yang meliputi alur, latar, penokohan, sudut pandang, dan tema. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan cerpen karangan siswa kelas VII SMP/MTS Negeri se-Kecamatan Piyungan Bantul Yogyakarta sebagai subjek penelitian, yang dipilih sebanyak 45 karangan. Teknik penentuan subjek didasarkan pada pengambilan sampel yang dilakukan secara random sampling, yaitu diambil 15 karangan siswa dari 1 kelas dari semua kelas paralel di setiap sekolah. Adapun objek penelitiannya adalah struktur narasi dan unsur-unsur intrinsik cerpen. Data diperoleh dengan metode membaca dan mencatat. Metode analisisnya menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah human instrument. Keabsahan data diperoleh melalui reliabilitas intrarater. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur narasi cerpen yang meliputi abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda belum semuanya muncul dalam cerpen siswa siswa kelas VII SMP/MTs Negeri se-Kecamatan Piyungan. Hanya sebagian saja yang telah memiliki abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda. Dari 45 cerpen siswa ditemukan 26 cerpen memiliki abstrak, 25 cerpen memiliki komplikasi dan evaluasi, 40 cerpen memiliki resolusi, dan 5 cerpen memiliki koda. Sementara itu, orientasi ditemukan pada semua cerpen. Semua cerpen siswa menggunakan alur maju. Semua cerpen menggunakan latar tempat, waktu, dan suasana. Teknik pelukisan tokoh yang dominan digunakan adalah teknik dramatik. Sudut pandang yang dominan digunakan adalah sudut pandang persona pertama “aku” tokoh utama. Tema yang digunakan ada 6 jenis tema yaitu pariwisata, persahabatan, perjuangan hidup, kekeluargaan, lingkungan, dan percintaan, yang paling dominan digunakan adalah tema pariwisata.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: deskriptif kualitatif, kurikulum 2013, struktur teks cerpen, unsur-unsur intrinsik cerpen
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 Feb 2017 06:20
Last Modified: 30 Jan 2019 13:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46851

Actions (login required)

View Item View Item