PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII C SMP PIRI NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN

Husni Noorrozaqi, Achmad (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII C SMP PIRI NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
skripsi .pdf
Restricted to Registered users only until 24 January 2022.

Download (32MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas VII C SMP Piri Ngaglik Kabupaten Sleman dengan menggunakan strategi Make a Match. Peningkatan keterampilan bercerita siswa dapat dilihat secara proses dan produk dengan menerapkan strategi Make a Match. Penelitian ini untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengungkapkan kemampuan berbicara, menyampaikan ide, dan kemampuan siswa dalam bercerita Penelitian ini dilaksanakan di SMP Piri Ngaglik Kabupaten Sleman. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen dari setiap siklusnya, yaitu perencanaan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi, catatan lapangan, wawancara, lembar observasi, dokumentasi, lembar penilaian keterampilan bercerita. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Teknik analisis data penelitian ini dilihat dari analisis data proses dan data produk. Validitas data yang digunakan adalah validitas demokratik, validitas proses, validitas hasil, validitas dialogis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Make a Match dalam pembelajaran keterampilan bercerita di SMP Piri Ngaglik Kabupaten Sleman dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk bercerita dalam mengungkapkan ide, meningkatkan rasa percaya diri siswa saat bercerita di depan orang lain, dan menanggapi pendapat orang lain. Peningkatan keterampilan siswa tampak kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh keaktifan dan antusias siswa ketika melakukan pembelajaran bercerita sehingga dapat meningkatkan suasana pembelajaran yang aktif dan pemerataan kesempatan bercerita. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan skor rata-rata kelas pada saat pratindakan sebesar 20,74, pada siklus I meningkat menjadi 26,84, dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 38,23. Kenaikan skor rata-rata dari pratindakan hingga siklus II adalah sebesar 17,49.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan bercerita, strategi Make a Match
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 Feb 2017 06:16
Last Modified: 30 Jan 2019 13:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46846

Actions (login required)

View Item View Item