LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI-15 SEPTEMBER 2016 SMP NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMAN Jangkang,Widodomartani, Ngemplak, Sleman Kode Pos: Telp: (0274) 8856

Lilik Waziratul Muflihah, Lilik Waziratul Muflihah (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI-15 SEPTEMBER 2016 SMP NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMAN Jangkang,Widodomartani, Ngemplak, Sleman Kode Pos: Telp: (0274) 8856. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL LILIK WAZIRATUL.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah untuk mempersiapakn dan memberikan pengalaman mahasiswa kependidikan menjadi salah satu tenaga kependidikan profesional. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semseter khusu 2016 dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu persiapan dimulai dari observasi yang dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2016. Selanjutnya, mahasiswa menempuh mata kuliah perencanaan pembelajaran matematika dan mata kuliah micro teaching sebagai salah satu bekal untuk melaksanakan PPL. Tahap selanjutnya ialah tahap pelaksanaan mengajar yang berlokasi di SMA Negeri 1 Ngemplak telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Kelompok PPL ini berlokasi di Jangkang, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta terdiri dari 11 mahasiswa dari program Pendidikan Matematika, Pendidikan Jasmani Keolahragaan dan Rekreasi, Pendidikan Bahasa Daerah, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Seni Rupa, dan Pendidikan Seni Kerajinan.selama kegiatan PPL, Praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di 2 kelas, yaitu kelas VIIA dan kelas VIID untuk mata Pelajaran Matematika. Dari keseluruhan praktik mengajar praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 21 kali pertemuan dengan total 50 jam pembelajaran yang di dalamnya memuat satu kali ulangan harian untuk materi bilangan bulat, satu kali ulangan harian pada bab bilangan dan satu kali remeidal serta pengayaan. Hasil ulangan harian di kelas VIID memprihatinkan, dari 32 siswa yang mengikuti hanya terdapat satu siswa yang tuntas. Sebaliknya, di kelas VIIA cukup memuaskan dari 32 siswa yang mengikuti hanya 8 siswa yang mengikuti remedial sedangkan 24 siswa mengikuti pengayaan. Secara umum, program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Ada beberapa hambatan yang ditemui saat kegiatan PPL berlangsung, khususnya pada saat mengkondisikan siswa yang kelasnya bersifat homogen. Guru pembimbing memberikan evaluasi mengenai cara pengelolaan kelas dengan bermacam-macam karakter siswa sedangkan penyampaian materi sudah cukup baik dan tidak ada masalah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL,Matematika
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Feb 2017 02:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46844

Actions (login required)

View Item View Item