LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 1 NGEMPLAK Jalan Jangkang Widodomartani Ngemplak Sleman Yogyakarta

Febri Harina Alwi, Febri Harina Alwi (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 1 NGEMPLAK Jalan Jangkang Widodomartani Ngemplak Sleman Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL FEBRI HARINA ALWI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktek yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa ketrampilan dalam bidang pembelajaran dan majerial sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ngemplak, tepatnya di Jangkang, Widodomartani. Kegiatan PPL terbagi dalam beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar dan pelaksanaan mengajar Tahap persiapan dimulai dari observasi yang dilaksanakan pada tanggal 28 April 2016. Selanjutnya mahasiswa menempuh mata kuliah micro teaching di kampus yang merupakan mata kuliah untuk melatih mahasiswa dalam mengajar. Tahap pelaksanaan mengajar dimulai pada tanggal 15 Juli 2016 dan berakhir tanggal 15 September 2016. Praktikan melakukan praktik mengajar di kelas VII B dan VII D dalam mata pelajaran matematika. Tatap muka di kelas dilakukan sebanyak 12 kali dengan 8 RPP yang berbeda dan 2 kali ulangan harian, serta 2 kali program remidial. Dalam praktik mengajar, praktikan 3 kali menggunakan kuis sebagai kegiatan apersepsi dan evaluasi. Media pembelajaran yang digunakan berupa LKS yang menunjang proses pembelajaran. Selain itu praktikan juga membuat media pembelajaran dari pita jepang yang digunakan untuk materi pengenalan operasi hitung pada bilangan bulat serta kertas lipat yang didesain untuk materi pecahan. Ulangan diadakan setelah materi pada bab Bilangan selesai sebagai evaluasi dari pembelajaran. Hasil dari ulangan harian yang telah dilakukan dengan hasil kurang baik. Dari 64 siswa siswa yang nilainya lebih dari KKM adalah 13 siswa. Langkah selanjutnya yang dilakukan praktikan adalah membuat program perbaikan individu. Program perbaikan individu akan dilaksanakan oleh praktikan. Setelah program perbaikan selesai, praktikan membuat rencana pembelajaran untuk materi selanjutnya yaitu Himpunan. Guru mata pelajaran juga memberikan evaluasi terhadap praktikan tentang proses pembelajaran selama PPL. Evaluasi yang diberikan yaitu tentang pengelolaan kelas. Praktikan masih kurang dalam pengelolaan kelas. Namun, dalam penyampaian materi sudah cukup baik dan tidak ada masalah. Evaluasi dan masukkan yang diberikan oleh guru pamong sangat bermanfaat serta diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran untuk perbaikan kedepannya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Matematika
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Feb 2017 01:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46841

Actions (login required)

View Item View Item