LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN JL. Prambanan-Piyungan KM 1,5 Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Rosyid Septoaji, Rosyid Septoaji (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN JL. Prambanan-Piyungan KM 1,5 Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ROSYID SEPTOAJI_13520241055_INFORMATIKA.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Program PPL/Magang III adalah program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/Magang III yang tujuannya adalah mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Empat tuntutan kompetensi guru adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. SMK Muhammadiyah Prambanan memiliki tiga jurusan yaitu jurusan Teknik Pemesinan, Teknik Elektronika Industri, dan Teknik Otomotif. Pelaksanaan PPL/ Magang III di SMK Muhammadiyah Prambanan terbagi atas 7 tahap yaitu; (1) Persiapan di kampus, (2) Observasi lingkungan sekolah, (3) Observasi pembelajaran di kelas, (4) Penyusunan administrasi guru, (5) Penyusunan RPP, (6) Pelaksanaan praktek mengajar, (7) Penyusunan laporan PPL/Magang III. Dalam Praktik Pengtalaman Lapangan (PPL) ini mahasiswa terjun langsung ke sekolah dan berbaur dengan warga sekolah. Setelah menjalani proses adaptasi, mahasiswa diharapkan dapat menjalankan tugas pokok, peran, dan fungsinya selama PPL dengan baik. Program utama penulis adalah Kegiatan pembelajaran materi fisika di kelas. Sedangkan program lain yang dilakukan antara lain mempelajari administrasi guru, kegiatan-kegiatan sekolah, serta piket. Secara keseluruhan semua program terlaksana sesuai dengan perencanaann meskipun adanya hambatan-hambatan baik internal maupun eksternal. Keberhasilan program-program PPL dapat memberikan manfaat yang saling menguntungkan antara sekolah dan mahasiswa. Dampak positif bagi mahasiswa adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru sedangkan untuk sekolah adalah memperoleh memperoleh kesempatan untuk dapat andil dalam menyiapkan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL/Magang III SMK Muhammadiyah Prambanan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Feb 2017 01:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46840

Actions (login required)

View Item View Item