LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMP NEGERI 1 NGEMPLAK Jangkang Widodomartani Ngemplak Sleman Yogyakarta

Dwi Ari Wahyuni, Dwi Ari Wahyuni (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMP NEGERI 1 NGEMPLAK Jangkang Widodomartani Ngemplak Sleman Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL DWI ARI WAHYUNI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Program PPL merupakan kegiatan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa UNY guna mendapatkan pengalaman mengajar secara langsung di lapangan. Tujuan yang ingin dicapai, yaitu mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta merupakan suatu mata kuliah aplikatif yang berfungsi untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam dalam bidang kependidikan. Praktik ini mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus agar di kembangkan mahasiswa di tempat praktik. Pada praktik pengalaman lapangan kali ini praktikan memperoleh tempat praktik di SMP Negeri 1 Ngemplak. PPL dimulai dari tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan PPL yang dilaksanakan meliputi: praktik mengajar, pembuatan administrasi guru meliputi pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan media pembelajaran. Praktik persekolahan yang meliputi upacara bendera serta kegiatan lain yang berkaitan dengan kependidikan dan dapat membantu mahasiswa untuk memperoleh bekal dan pengalaman mengenai tugas guru sebagai seorang pengajar dan seorang pendidik. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL adalah mengajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII D dan VIII E selama beberapa kali pertemuan yang ditentukan dan juga membantu administrasi perpustakaan ataupun kegiatan non mengajar lainnya. Kegiatan PPL ini dilakukan dengan tujuan konkret sebagai persiapan bila terjun pada masyarakat sekolah sebagai guru Bahasa Indonesia kelak. Dari kegiatan PPL yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa PPL berjalan dengan lancar. PPL merupakan kegiatan mahasiswa PPL belajar bersosialisasi dengan lingkungan pembelajaran sekolah, kegiatan ini memiliki makna sebagai persiapan untuk melatih mahasiswa jika kelak terjun ke dalam masyarakat dengan sesungguhnya, selain itu PPL melatih mahasiswa bekerja dengan kelompok dan segala pihak yang memiliki karakteristik berbeda. Kegiatan ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan teori-teori pembelajaran yang diterima di bangku kuliah pada keadaan yang nyata.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2016, SMP Negeri 1 Ngemplak, Dwi Ari Wahyuni
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Feb 2017 00:52
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46837

Actions (login required)

View Item View Item