LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL UNY 2016 Periode 15 Juli 2016 – 15 September 2016 LOKASI SMP N 1 NGEMPLAK Jangkang, Widodomartani, Ngemplak Sleman Yogyakarta

Agatia Mega Rianda, Agatia Mega Rianda (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL UNY 2016 Periode 15 Juli 2016 – 15 September 2016 LOKASI SMP N 1 NGEMPLAK Jangkang, Widodomartani, Ngemplak Sleman Yogyakarta. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL AGATIA MEGA R.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh Mahasiswa dan program yang memberikan kesempatan bagi Mahasiswa untuk mempraktikkan teori yang diterima di bangku kuliah. Pada saat PPL, Mahasiswa berkesempatan mengaplikasikan teori-teori yang telah diterimanya sekaligus menimba ilmu secara empirik, tidak sekedar mengetahui suatu teori, tetapi mereka juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut dalam situasi mengajar yang sesungguhnya. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang dibutuhkan. Kegiatan PPL merupakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh Mahasiswa yaitu dalam bidang pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 yang berlokasi di SMP N 1 Ngemplak, tepatnya di Jangkang, Widodomartani dimulai pada tanggal 15 Juli 2016 dan diakhiri pada tanggal 15 September 2016. Dalam hal ini, Praktik Pengalaman Lapangan melakukan kegiatan mengajar baik yang bersifat terbimbing maupun yang bersifat mandiri. Dalam kegiatan PPL ini, Mahasiswa menjalankan program mengajar sebanyak 19 kali pertemuan. Program mengajar menggunakan demonstrasi, Inkuiri, tanya jawab, problem based learning, think –pair share (TPS), CTL, Reactive – Learning. Untuk mendukung metode yang digunakan pada saat mengajar dibutuhkan media pendukung yang nantinya akan mendukung kegiatan belajar mengajar. Mahasisa telah menyeselesaikan tugas mengajar kelas VIII D, VIII E dan VIII F untuk mata pelajaran Bahasa Jawa. Mahasiswa telah dapat mengajar sebanyak 19 kali pertemuan. Kegiatan belajar yang dilakukan adalah pembelajaran di kelas. Banyak kendala dan hambatan dalam melakukan PPL baik yang berasal dari dalam maupun dari luar. Adapun beberapa hambatan pada waktu mengajar salah satunya adalah pengelolaan kelas karena peserta didik sulit dikendalikan. Namun, semua itu merupakan sebuah proses menuju yang lebih baik. Dengan adanya kegiatan PPL, Mahasiswa PPL mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan lancar. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini, diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 06 Feb 2017 00:44
Last Modified: 06 Feb 2017 00:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46834

Actions (login required)

View Item View Item