Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta ditinjau dari Pengetahuan Kewirausahaan, Dukungan Keluarga, Soft Skills, dan Prestasi Belajar

Marsono, Marsono (2010) Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta ditinjau dari Pengetahuan Kewirausahaan, Dukungan Keluarga, Soft Skills, dan Prestasi Belajar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-marsono-08702251002.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pengetahuan kewirausahaan, dukungan keluarga, soft skills dan prestasi belajar terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa, (2) pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa, (3) pengaruh dukungan keluarga terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa, (4) pengaruh soft skills terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa, (5) pengaruh prestasi belajar terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010 yang sudah mendapatkan mata kuliah kewirausahaan, sehingga subjek penelitian ini terdiri dari mahasiswa kelas reguler dan non reguler angkatan 2006 dan 2007 yang berjumlah 118 mahasiswa. Uji konsistensi internal instrumen menggunakan rumus Product Moment dari Karl Pearson, sedangkan untuk reliabilitas digunakan rumus Alfa Cronbach’s. Teknik analisis data dalam penelitian ini memakai analisis regresi genda menggunakan progam SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif pengetahuan kewirausahaan, dukungan keluarga, soft skills dan prestasi belajar terhadap kesiapan berwirausaha. Hasil yang diperoleh, koefisien korelasi (R) sebesar 0.501, dan R2 sebesar 0.225, yang berarti 22.5 % perubahan atau variasi pada variabel kesiapan berwirausaha dipengaruhi pengetahuan kewirausahaan, dukungan keluarga, soft skills dan prestasi belajar, sedangkan 77.5 % dijelaskan oleh faktor lain di luar model, (2) terdapat pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha, ditunjukkan dari nilai korelasi parsial sebesar 0.124, (3) terdapat pengaruh positif dukungan keluarga terhadap kesiapan berwirausaha, ditunjukkan dari nilai korelasi parsial sebesar 0.342, (4) terdapat pengaruh positif soft skills terhadap kesiapan berwirausaha, ditunjukkan dari nilai korelasi parsial sebesar 0.201, (5) terdapat pengaruh negatif prestasi belajar terhadap kesiapan berwirausaha, ditunjukkan dari nilai korelasi parsial sebesar 0.038.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kewirausahaan, dukungan keluarga, soft skills, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2017 07:36
Last Modified: 29 Jan 2019 12:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46820

Actions (login required)

View Item View Item