LAYANAN FISIOTERAPI PADA ANAK CEREBRAL PALSY DI SLB G DAYA ANANDA KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

Nida, Ulaiqoh (2016) LAYANAN FISIOTERAPI PADA ANAK CEREBRAL PALSY DI SLB G DAYA ANANDA KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NIDA ULAIQOH_12103241062.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris dan untuk mendeskripsikan tentang layanan fisioterapi yang ada bagi anak Cerebral Palsy di SLB G Daya Ananda. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah, dua orang fisioterapis dan tiga anak cerebral palsy yang memperoleh layanan fisioterapi di SLB G Daya Ananda Kalasan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan layanan fisioterapi sudah dapat meningkatkan kemampuan fisik anak cerebral palsydengan menggunakan jenis terapi yaitu terapi neurostructure, neurodevelopmental, play therapy, terapi latihan dan massage. Pelaksanaan terapi ini sudah disesuaikan dengan tujuan fisioterapi dengan tahapan dalam pelaksanaan fisioterapi meliputi: persiapan pelaksanaan layanan fisioterapi, pelaksanaan layanan fisioterapi, evaluasi pelaksanaan layanan fisioterapi dan rekomendasi layanan fisioterapi. Akan tetapi terdapat beberapa faktor yang menghambat sehingga pelaksanaan fisioterapi berjalan kurang maksimal. Adapun faktor-faktor tersebut meliput: 1) pada tahapan persiapan, fisioterapis belum melakukan asesmen secara keseluruhan karena fisioterapis mengacu pada hasil asesmen sebelumnya. 2) minat anak cerebral palsy dalam mengikuti layanan fisioterapi ini kurang, hal ini disebabkan karena efek samping dari pemberian fisioterapi yang menimbulkan rasa sakit, membuat anak lebih bersikap menolak untuk mengikuti fisioterapi. 3) koordinasi antara fisioterapis dengan orangtua dan guru kurang terjalin dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 03 Feb 2017 07:09
Last Modified: 30 Jan 2019 13:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46814

Actions (login required)

View Item View Item