LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN

ARIEF BUDIAISTANA PUTRA, ARIEF BUDIAISTANA PUTRA (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13520241024_Arief_Budiaistana_Putra_PTI.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu kegiatan yang harus ditempuh oleh semua mahasiswa UNY yang mengambil prodi atau jurusan pendidikan. Program praktik Pengalaman Lapangan yang diberikan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berguna untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Melalui kegiatan PPL tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Pada kegiatan praktik ini, mahasiswa diharap mampu belajar secara nyata di lapangan dengan menerapkan ilmu dan pengetahuan yang telah dimiliki untuk diberikan kepada siswa karena peran kita disini dididik untuk menjadi calon guru yang baik dan berkualitas. Mahasiswa PPL UNY mendapatkan tempat praktik di SMK Muhammadiyah 1 Sleman. SMK Muhammadiyah 1 Sleman berlokasi di Panasan, Triharjo, Sleman. SMK Muhammadiyah 1 Sleman merupakan sekolah yang memiliki potensi siswa yang cukup besar. SMK Muhammadiyah 1 Sleman memiliki kurang lebih 400 siswa yang terdiri dari 3 kompetensi keahlian yaitu: Multimedia, Teknik Kendaraan Ringan ( TKR), Teknik Sepeda Motor ( TSM ). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada SMK Muhammadiyah 1 Sleman terhadap kondisi sekolah secara keseluruhan baik dari segi fisik, potensi siswa, guru dan karyawan, serta fasilitas yang disediakan sekolah, maka mahasiswa kemudian merancang kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Muhammadiyah 1 Sleman yang terkait dengan kebutuhan pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Bimbingan mengenai apa yang harus dilakukan sebelum terjun mengajar di sekolah juga telah diberikan sebelumnya oleh dosen pembimbing. Tidak hanya prosedur pelaksanaan pembelajaran di kelas, namun juga mengenai penyusunan administrasi guru yang lengkap, baik, dan sesuai peraturan yang berlaku. Pengalaman Praktik mengajar praktikan terlaksana dengan 8 kali mengajar di kelas X Multimedia mengajar Desain Grafis. Semua kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) yang telah dilaksanakan memberikan gambaran nyata tentang pendidikan di sekolah. Praktikan mendapatkan banyak pengalaman dalam mengajar dan membuat administrasi guru sesuai dengan aturan yang berlaku. Kegiatan PPL bisa menjadi tolak ukur kemampuan mengajar untuk praktikan. Diharapkan kegiatan PPL ini bisa meningkatkan kompetensi mengajar praktikan sebelum diterjunkan ke dunia pendidikan nanti.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Desain Grafis, SMK Muhammadiyah 1 Sleman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Feb 2017 06:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46811

Actions (login required)

View Item View Item