PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS VIIIA SMP N 2 MUNTILAN MAGELANG

Difla Rahmatika Sirait, Putri (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS VIIIA SMP N 2 MUNTILAN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa melalui model pembelajaran Group Investigation (GI). Peningkatan keterampilan diskusi siswa dapat dilihat secara proses maupun produk saat melakukan pembelajaran dengan model Group Investigation (GI). Keunggulan dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) adalah siswa dapat selalu aktif dalam kelompoknya, siswa menjadi sangat berperan dalam kelompok, siswa bebas mengutarakan gagasan dan ide-idenya, siswa dapat memecahkan masalah secara bersama-sama, dan siswa dapat menyampaikan pendapat di depan umum. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Muntilan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIIIA yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini terdiri atas 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengambilan data dilakukan melalui catatan lapangan (field notes), tes, angket, pengamatan, dan wawancara. Validitas dilakukan dengan menggunakan validitas demokratik dan proses. Data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Group Investigation (GI) dapat meningkatan keterampilan siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Muntilan dalam berdiskusi. Peningkatan keterampilan berdiskusi siswa dapat dilihat dari proses pembelajaran yang menunjukkan siswa selalu aktif dalam kelompoknya, siswa sangat berperan dalam kelompok, siswa dapat bebas mengutarakan gagasan dan ide-idenya, siswa dapat memecahkan masalah secara bersama-sama, dan siswa dapat menyampaikan pendapat di depan umum. Peningkatan secara produk dapat terlihat dari skor keterampilan diskusi siswa pada pratindakan sebesar 15,87 meningkat pada siklus I menjadi 24,62, meningkat kembali pada siklus II menjadi 31,53. Peningkatan rata-rata skor keterampilan diskusi siswa dari pratindakan hingga siklus II adalah sebesar 15,66.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, keterampilan berdiskusi, Group Investigation (GI).
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 Feb 2017 06:16
Last Modified: 30 Jan 2019 13:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46810

Actions (login required)

View Item View Item