KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL

Nita, Murlianda (2017) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NITA MURLIANDA.pdf

Download (86MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan yang positif dan signifikan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sedayu antara yang diajar menggunakan media gambar seri dan yang diajar tanpa menggunakan media gambar seri, (2) keefektifan penggunaan media gambar seri dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sedayu. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pre- and post-test control group design. Data diperoleh melalui tes keterampilan menulis bahasa Jerman. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sedayu tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas X MIPA 2 (31 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 (30 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu media gambar seri sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data menggunakan uji-t menghasilkan thitung 1,312 lebih kecil dari ttabel 1,671 dengan taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan tidak adanya perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Akan tetapi diperoleh bobot keefektifannya adalah 2%. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 77,93 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 76,73. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media gambar seri lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tidak adanya perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) media gambar seri lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media gambar seri, keterampilan menulis bahasa Jerman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 06 Feb 2017 02:23
Last Modified: 30 Jan 2019 13:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46782

Actions (login required)

View Item View Item