LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK N 1 SEYEGAN

Lutfi Herdiansyah, Lutfi Herdiansyah (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK N 1 SEYEGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PTSP_LUTFI HERDIANSYAH_13505241072.pdf

Download (41MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memiliki visi untuk menciptakan sarjana pendidikan yang berkarakter dan profesional sesuai dengan tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu program UNY untuk mewujudkan sarjana kependidikan yang profesional adalah PPL. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi pendidikan dari semua jurusan sebagai penrapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat (dalam hal ini dunia pendidikan) yang lebih baik. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksananakan di SMK Negeri 1 Seyegan terhitung sejak tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 28 Juli 2016, dilanjutkan dengan kegiatan PPL Internasional, dan disambung lagi pada tanggal 7 September 2016 sampai dengan 27 September 2016. Selama praktik mengajar, praktikan diberi tanggungjawab untuk mengampu 2 kelas yaitu XI TGB 1 dan XI TGB 2. Sebelum kegiatan PPL berlangsung, mahasiswa melakukan observasi untuk memperoleh gambaran tentang lokasi sehingga mahasiswa dapat merumuskan berbagai program kerja yang akan dilaksanakan. Program PPL yang direncanakan mahasiswa antara lain; (1) Pembuatan Perangkat Pembelajaran (Silabus dan RPP); (2) Pembuatan Media Pembelajaran; (3) Praktik mengajar; dan (4) Evaluasi Pembelajaran. Serangkaian program kerja PPL SMK Negeri 1 Seyegan telah terlaksana dengan lancar, walaupun terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya pendalaman materi oleh praktikan yang dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan Guru Pembimbing. Selain itu program mengajar di kelas memiliki juga tantangan dengan menyesuaikan karakter peserta didik yang berbeda-beda, bagaimana cara menghidupkan suasana kelas agar pserta didik termotivasi untuk belajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, PPL UNY 2016, PPL SMK Negeri 1 Seyegan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Feb 2017 08:42
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46780

Actions (login required)

View Item View Item