KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI PLAN (PREDICT, LOCATE, ADD, NOTE) PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 MINGGIR SLEMAN

Alifian, Fadhel Muhammad (2017) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI PLAN (PREDICT, LOCATE, ADD, NOTE) PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 MINGGIR SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Alifian Fadhel Muhammad_12203244007.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) signifikasi perbedaan hasil pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Minggir antara kelas yang diajar dengan strategi PLAN (Predict, Locate, Add, Note) dan yang diajar dengan strategi konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment, (2) keefektifan penggunaan strategi PLAN (Predict, Locate, Add, Note) terhadap peningkatan keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Minggir. Data diperoleh melalui tes keterampilan membaca bahasa Jerman pada pre-test dan post-test. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu penggunaan strategi PLAN (Predict, Locate, Add, Note) sebagai variabel bebas dan keterampilan membaca bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Minggir yang berjumlah 124 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPA 1 (30 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 (29 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Uji validitas dihitung dengan rumus korelasi product moment. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa dari 50 soal terdapat 40 soal valid dan 10 soal yang gugur. Reliabilitas dihitung dengan rumus K-R 20, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,929. Data dianalisisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data dengan uji-t menunjukkan bahwa thitung 3,353 > dari ttabel 2,00247 dengan taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Bobot keefektifannya adalah 7,1%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 77,167 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 72,241. Hal ini menunjukkan bahwa nilai peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik dari nilai peserta didik kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi PLAN (Predict, Locate, Add, Note) lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi PLAN (Predict, Locate, Add, Note), keterampilan membaca bahasa Jerman ttabel thitung
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 03 Feb 2017 02:46
Last Modified: 30 Jan 2019 13:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46765

Actions (login required)

View Item View Item