Pengaruh Penggunaan Media Gambar Animasi Terhadap Hasil Belajar IPS Di MIN Grobogan

Zulaikhah, Zulaikhah (2009) Pengaruh Penggunaan Media Gambar Animasi Terhadap Hasil Belajar IPS Di MIN Grobogan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-zulaikhah-07712259039.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh penggunaan media gambar animasi terhadap hasil belajar IPS. (2) Mengetahui pengaruh penggunaan media gambar animasi terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Manggawetan Godong Grobogan tahun pelajaran 2008/2009 kelas IV semester dua. Desain Penelitian eksperimen berupa pretest-posttest control group design. Subjek penelitian/responden terdiri dari 35 orang kelompok kontrol dan 37 orang kelompok eksperimen yang dipilih secara random. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal test untuk mengetahui hasil belajar IPS dan angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa. Perbedaan hasil belajar IPS antara kelompok kontrol dan eksperimen diuji dengan independent t-test untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar animasi terhadap hasil belajar. Untuk mengetahui motivasi belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan media gambar animasi, data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Paket pembelajaran yang berupa CD pembelajaran untuk treatment kelompok eksperimen tidak dikembangkan oleh peneliti melainkan didapat di pasaran, yang sesuai untuk kebutuhan pembelajaran IPS, yaitu sesuai dengan mata pelajaran, SK, KD, dan indikator serta tujuan pembelajaran. Validasi dilakukan oleh 1 orang ahli media. Media ini digunakan tanpa melalui ujicoba. Yang dilakukan uji coba hanya soal untuk pretest dan posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dan angket motivasi, yang sebelumnya telah divalidasi oleh 1 orang ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang sangat significant antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hal itu ditunjukkan oleh hasil perhitungan t hitung sebesar 7,15 sedangkan t tabel sebesar 2,39 pada df (degree of freedom) 58. Jika t hitung > t tabel maka Ho ditolak berarti ada perbedaan sangat signifikan antara pembelajaran IPS dengan media gambar animasi dan media gambar mati. Jadi, penggunaan media gambar animasi berpengaruh terhadap hasil belajar IPS Kelas IV MIN semester 2 dengan kode KD 2.1. yaitu mengenal aktifitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber 2 daya alam dan potensi lain di daerahnya. Motivasi belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran IPS menggunakan media gambar animasi secara keseluruhan termasuk dalam kategori tinggi, dengan nilai rata-rata 4,1 (pada skala 1-5) dari 36 indikator yang mengukur aspek antusiasme belajar, keterlibatan dalam PBM, ketekunan dalam PBM, dan keinginan untuk selalu mencari informasi tambahan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 30 Aug 2012 13:28
Last Modified: 29 Jan 2019 04:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4676

Actions (login required)

View Item View Item