LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016

Eka Tegar Destian, Eka Tegar Destian (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PTE_Eka Tegar Destian_13502241006.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh bagi setiap mahasiswa S1 yang mengambil program studi kependidikan. Dengan diadakannya kegiatan PPL yang dilaksanakan secara terpadu ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran. Praktik PPL akan memberikan life skill bagi mahasiswa, yaitu pengalaman belajar yang kaya, dapat memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah, sehingga keberadaan program PPL ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa sebagai calon pendidik di masa yang akan datang. PPL ini juga sebagai sarana kerjasama antara Perguruan Tinggi dengan sekolah demi meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Pelaksanaan PPL dilakasanakan di SMK Negeri 1 Seyegan yang beralamatkan di Jl. Kebon Agung, Jamblangan, Margomulyo, Sleman, Yogyakarta. PPL yang dilaksanakan di kelas X Jurusan Teknik Ototronik sejak tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016 dengan guru pembimbing Bapak Rustamaji, S.Pd. dan Bapak Farhan Santoso, S.Pd. selaku guru pengampu mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar, Teknik Mikroprosesor, serta Simulasi Digital telah dilaksanakan dengan baik berkat terjaganya bimbingan selama proses PPL berlangsung. Kegiatan pelaksanaan PPL dibagi menjadi 3 (tiga) bagian pokok yaitu: 1) Perencanaan Pembelajaran, 2) Pelaksanaan Pembelajaran, dan 3) Evaluasi Pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran diantaranya persiapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Persiapan Jadwal Mengajar, Persiapan Modul ajar, Bahan Evaluasi dan Media Pembelajaran. Semua kurikulum yang digunakan menggunakan Kurikulum 2013. Melalui kegiatan PPL yang telah dilakukan, mahasiswa dapat memperoleh bekal baik ilmu dan pengalaman secara nyata yang ada di lapangan. Sebagai calon pendidik, PPL sangat membantu mahasiswa untuk membangun karakter sesorang calon guru. Melalui PPL mahasiswa dapat berlatih dan bertanggungjawab langsung atas segala kegiatan di dalam kelas termasuk didalamnya adalah persiaan mengajar, cara mengajar, dan pengelolaan siswa didik. Harapan untuk SMK Negeri 1 Seyegan agar dapat menambah fasilitas belajar khususnya untuk kelas X Teknik Ototronik agar dapat menunjang keberlangsungan proses kegiatan belajar mengajar sehingga minat serta motivasi belajar siswa dapat lebih meningkat. Selain itu, bimbingan guru pembimbing dan dosen pembimbing diharapkan dapat semakin ditingkatkan agar mahasiswa praktikan dapat memperoleh kepercayaan diri sehingga siap menjadi calon tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Simulasi Digital, SMK Negeri 1 Seyegan, Teknik Elektronika Dasar, Teknik Mikroprosesor
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Feb 2017 01:10
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46749

Actions (login required)

View Item View Item