LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 3 PAKEM JALAN KALIURANG KM. 17 POJOK, HARJOBINANGUN, PAKEM, SLEMAN PERIODE 15 JULI s.d 15 SEPTEMBER 2016

Lutfiana Mar Atus Sholikhah, Lutfiana Mar Atus Sholikhah (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 3 PAKEM JALAN KALIURANG KM. 17 POJOK, HARJOBINANGUN, PAKEM, SLEMAN PERIODE 15 JULI s.d 15 SEPTEMBER 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LUTFIANA MAR ATUS S 13416241058 PEND.IPS.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih diri dan menambah pengalaman dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar dan diharapkan dengan PPL ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di lingkungan masyarakat sekolah, yaitu masyarakat SMP Negeri 3 Pakem khususnya seluruh siswa siswi SMP Negeri 3 Pakem. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada tanggal 15 Juli s.d. 15 September 2016. Sedangkan mata pelajaran yang diampu penyusun adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Selama PPL penyususn mengampu 3 kelas setiap minggunya yaitu kelas 8A, 9B dan kelas 9C, adapun jumlah pertemuanya setiap mingu sebanyak dua kali setiap kelas jadi sebanyak 12 jam pelajaran. Selain program mengajar kami juga melaksanakan program kerja non mengajar diantaranya adalah mengikuti guru piket, ikut menjaga perpustakaan, serta membudayakan 3S (Senyum, Sapa, Salam) melalui jabat tangan setiap pagi sebelum masuk kelas yang diikuti seluruh siswa, guru, serta mahasiswa yang PPL di SMP N 3 Pakem. Kurang lebih dua bulan di sekolah, mahasiswa praktik lapangan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperolah di bangku perkuliahan, terutama dalam mengajar di kelas, tindakan kelas, baik saat teori maupun praktikum. Dalam pelaksanaan program tersebut, tidak pernah lepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi, dengan adanya semangat dan motivasi dari guru pembimbing lapangan dan guru lain, dosen pembimbing lapangan, teman-teman satu tim dan berkat kerjasama yang baik maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program Mengajar, Program Non Mengajar , SMP Negeri 3 Pakem.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Feb 2017 00:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46748

Actions (login required)

View Item View Item