PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA PADA BAHASAN HIMPUNAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Jannah, Atika Izzatul and Listyani, Endang (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA PADA BAHASAN HIMPUNAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
COVER PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa RPP dan LKS dengan pendekatan problem solving pada bahasan Himpunan untuk siswa SMP Kelas VII yang memiliki kualifikasi valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Objek penelitian ini adalah bahan ajar berupa RPP dan LKS dengan pendekatan problem solving pada bahasan Himpunan untuk siswa SMP Kelas VII. Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, angket respon guru dan siswa serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, dan tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan. Kevalidan bahan ajar memenuhi kriteria valid oleh rata – rata skor kevalidan RPP yaitu 4,375 dari skor maksimal 5 dengan kualifikasi sangat baik dan rata – rata skor kevalidan LKS yaitu 4,2 dari skor maksimal 5 dengan kualifikasi sangat baik. Kualitas kepraktisan bahan ajar memenuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh rata-rata skor angket respon guru sebesar 3 dari skor maksimal 4 dengan klasifikasi baik dan rata – rata skor angket respon siswa sebesar 3,26 dari skor maksimal 4 dengan klasifikasi baik. Kualitas kepraktisan ditinjau pula dari keterlaksanaan pembelajaran memenuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh rata – rata persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 97,39%. Sedangkan kualitas keefektifan bahan ajar ditinjau dari hasil tes hasil belajar siswa dengan nilai rata – rata 88,28 dari skor maksimal 100 dan persentase ketuntasan mencapai 90,62%. Kata kunci: Bahan Ajar, Problem Solving, Himpunan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 03 Feb 2017 02:45
Last Modified: 30 Jan 2019 13:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46747

Actions (login required)

View Item View Item