Jannah, Atika Izzatul and Listyani, Endang (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA PADA BAHASAN HIMPUNAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (223kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
Text
COVER PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (825kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (19kB) | Preview |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (28MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa RPP dan LKS dengan pendekatan problem solving pada bahasan Himpunan untuk siswa SMP Kelas VII yang memiliki kualifikasi valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Objek penelitian ini adalah bahan ajar berupa RPP dan LKS dengan pendekatan problem solving pada bahasan Himpunan untuk siswa SMP Kelas VII. Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, angket respon guru dan siswa serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, dan tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan. Kevalidan bahan ajar memenuhi kriteria valid oleh rata – rata skor kevalidan RPP yaitu 4,375 dari skor maksimal 5 dengan kualifikasi sangat baik dan rata – rata skor kevalidan LKS yaitu 4,2 dari skor maksimal 5 dengan kualifikasi sangat baik. Kualitas kepraktisan bahan ajar memenuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh rata-rata skor angket respon guru sebesar 3 dari skor maksimal 4 dengan klasifikasi baik dan rata – rata skor angket respon siswa sebesar 3,26 dari skor maksimal 4 dengan klasifikasi baik. Kualitas kepraktisan ditinjau pula dari keterlaksanaan pembelajaran memenuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh rata – rata persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 97,39%. Sedangkan kualitas keefektifan bahan ajar ditinjau dari hasil tes hasil belajar siswa dengan nilai rata – rata 88,28 dari skor maksimal 100 dan persentase ketuntasan mencapai 90,62%. Kata kunci: Bahan Ajar, Problem Solving, Himpunan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 03 Feb 2017 02:45 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 13:12 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46747 |
Actions (login required)
View Item |