LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMK N 1 SEYEGAN PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016

Ikka Ida Rokhyani, Ikka Ida Rokhyani (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMK N 1 SEYEGAN PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL IKKA IDA R.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib diempuh oleh mahasiswa program studi pendidikan dari semua jurusan sebagai penrapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat (dalam hal ini dunia pendidikan) yang lebih baik, salah satunya adalah dengan pelaksanaan serangkai program PPL UNY. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksananakn di SMK Negeri 1 Seyegan dari tanggal 15 Juli – 15 September 2016. Selama praktik mengajar, praktikan diberi tanggungjawab untuk mengampu 3 kelas yaitu X TKBB 2, X TFL 1 dan X TFL 2. Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan praPPL yaitu pembekalan yang dilakukan oleh jursan masing-masing, pembelajaran micro teaching guna mempersiapkan praktik mengajar, dan melakukan observasi sehingga dapat memperoleh gambaran observasi, mahasiswa dapat merumuskan berbagai program kerja yang akan dilaksanakan. Program PPL yang direncanakan mahasiswa antara lain; (1) Pembuatan Perangkat Pembelajaran (Silabus dan RPP); (2) Pembuatan Media Pembelajaran; (3) Praktik mengajar; dan (4) Evaluasi Pembelajaran. Serangkaian program kerja PPL SMK Negeri 1 Seyegan telah terlaksana dengan baik, walaupun terdapat berbagai hambatan dalam pelaksanaannya, seperti kurang pengetahuan dalam pembuatan Perangkat Pembelajaran yang dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan Guru Pembimbing. Selain itu program mengajar di kelas memiliki tantangan juga dengan menyesuaikan karakter peserta didik yang berbeda-beda, bagaimana cara menghidupkan suasana kelas agar pserta didik termotivasi untuk belajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, PPL UNY 2016, PPL SMK Negeri 1 Seyegan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Feb 2017 00:46
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46743

Actions (login required)

View Item View Item