LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 LOKASI SMP NEGERI 3 PAKEM, SLEMAN, DIY

Mirtasari Lia Prastiwi, Mirtasari Lia Prastiwi (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 LOKASI SMP NEGERI 3 PAKEM, SLEMAN, DIY. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU MIRTASARI LIA P.pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk kegiatan nyata mahasiswa kependidikan atau magang di sekolah sesuai dengan bidang pendidikan yang ditempuh dalam studi perkuliahannya. PPL sebagai wahana bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri menjadi pendidik sekaligus memperdalam keterampilan manajemen di sekolah diharapkan dapat mencetak tenaga pendidik yang profesional ke depannya. Melalui PPL mahasiswa mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal bagi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang digunakan sebagai pendidik. Kegiatan PPL ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan secara profesional, maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki dunia kependidikan. Sebelum kegiatan PPL dilaksanakan, mahasiswa harus mengikuti program pra-PPL di mana selama satu semester mahasiswa melaksanakan perkuliahan microteaching. Pada perkuliahan microteaching ini mahasiswa mendapat pembekalan bagaimana strategi pembelajaran yang baik dan tepat, sistem manajemen kependidikan serta perangkat administrasi kependidikan yang ada di sekolah. Laporan ini disusun berdasarkan pengalaman penyusun PPL di SMP N 3 Pakem yang beralamatkan di Jalan Kaliurang KM 17, Pojok, Harjobinangun, Pakem, Sleman selama periode 15 Juli – 15 September 2016. Penerjunan pra-PPL dilaksanakan pada pertengahan bulan Pebruari 2016, penerjunan PPL pada 15 Juli 2016 serta penarikan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 September 2016. Pengajaran di kelas dilaksanakan sebanyak 25 kali mengajar dengan kelas yang berbeda-beda, yakni dalam minggu pertama mengampu kelas 7B, 8A, 8B, 8C, 8D sedangkan untuk minggu berikutnya hanya mengampu di kelas 8D dengan 18 kali pertemuan. Berbagai karakteristik anak-anak berbeda di setiap kelasnya. Metode yang digunakan yaitu diskusi, tanya jawab, ceramah. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, powerpoint, video, buku kliping dan paper. Ada kendala dan hambatan selama pelaksanaan pembelajaran di kelas, baik yang bersifat intern maupun ekstern. Di antaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit dikendalikan karena ada beberapa peserta didik kurang antusias dalam akademik dan lemah dalam perihal etika sehingga kondisi ramai, sulit dikondisikan dengan baik. Akan tetapi hambatan tersebut akhirnya dapat diatasi dengan metode pengajaran yang lebih santai dan tidak terlalu tegang, siswa merasa lebih dihargai, rileks dan semangat belajar mulai muncul. SMP N 3 Pakem menggunakan kurikulum KTSP bagi kelas 8 dan 9, Kurtilas edisi revisi untuk kelas 7. Selain kegiatan mengajar, PPL di SMP N 3 Pakem juga disertai dengan kegiatan-kegiatan seperti PPDB, penerimaan rapor, Pengenalan Lingkungan Sekolah, kerjabakti, Jumat Sehat dan lain-lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2016, SMP N 3 Pakem, PPL Prodi PBSI
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 02 Feb 2017 00:44
Last Modified: 02 Feb 2017 00:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46742

Actions (login required)

View Item View Item