Pengembangan Modul Pembelajaran Bermultimedia Pada Kompetensi Membuat Pola Busana Dengan Pengajaran Langsung (Direct Instruction) di SMK Negeri 6 Surabaya

Rahayu, Imami Arum Tri (2010) Pengembangan Modul Pembelajaran Bermultimedia Pada Kompetensi Membuat Pola Busana Dengan Pengajaran Langsung (Direct Instruction) di SMK Negeri 6 Surabaya. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-imami-arum-tri-rahayu-07702251011.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran bermultimedia pada kopetensi membuat pola busana untuk program keahlian tata busana di SMK; (2) menuji kualitas modul pembelajaran bermultimedia ditinjau dari aspek isi, bahasa, penyajian, grafika, pembelajaran, dan media; dan (3) menguji efektifitas modul pembelajaran bermultimedia ditinjau dari penilaian unjuk kerja siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D), dengan tujuan mengembangkan modul pembelajaran bermultimedia pada kompetensi membuat pola busana di SMK. Pengembangan produk modul pembelajaran bermultimedia ini melalui lima tahapan yaitu analisis kebutuhan, desain pembelajaran, pengembangan produk, ujicoba dan produk akhir. Tahap analisis kebutuhan berdasarkan kebutuhan siswa kelas XI Busana 4 di SMK Negeri 06 Surabaya, Tahap desain pembelajaran meliputi pembuatan silabus pembelajaran, RPP, memilih dan mengembangkan materi. Tahap produksi/pengembangan media meliputi pembuatan modul siswa, CD Interaktif (penunjang modul siswa), modul guru, CD Powerpoint (penunjang modul guru), dan kit. Tahap evaluasi meliputi validasi para ahli dan ujicoba produk. Subjek uji coba adalah 3 guru dan 39 siswa yang terdiri dari 4 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 35 siswa untuk uji coba lapangan. Instrumen ujicoba berupa lembar validasi untuk ahli materi, ahli bahasa, ahli penyajian, ahli grafika, ahli instruksional, dan ahli media. Serta lembar kuesioner untuk respon guru dan siswa. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian dan pengembangan (R&D) ini adalah: (1) produk berupa modul pembelajaran bermultimedia membuat pola busana yang terdiri atas modul siswa, modul guru, CD Interaktif, CD Powerpoint, dan kit. (2) Kualitas produk modul pembelajaran bermultimedia membuat pola busana dengan teknik konstruksi ini ditinjau dari aspek mareri, aspek bahasa, aspek penyajian, aspek grafika, aspek instruksional, aspek media, respon guru, dan siswa secara keseluruhan dinilai “sangat baik”. Dan (3) Produk modul pembelajaran bermultimedia dinyatakan efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran pada kompetensi membuat pola busana berdasarkan penilaian unjuk kerja siswa yang menunjukkan “tuntas”.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul bermultimedia, pengajaran langsung
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2017 07:34
Last Modified: 29 Jan 2019 12:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46712

Actions (login required)

View Item View Item