LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK YPKK 1 SLEMAN Alamat : Jl. Praktikanngan 5,Mejing Wetan, Ambarketawang, Gamping, Sleman

MAR ATUS SOLIKHAH, MAR ATUS SOLIKHAH (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK YPKK 1 SLEMAN Alamat : Jl. Praktikanngan 5,Mejing Wetan, Ambarketawang, Gamping, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FE_PEND. AKUNTANSI_13803244016_MAR ATUS SOLIKHAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu kegiatan yang harus ditempuh oleh semua mahasiswa UNY yang mengambil prodi atau jurusan pendidikan. Program praktik Pengalaman Lapangan yang diberikan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berguna untuk melengkapi kompetensi praktikan sebagai calon tenaga pendidik. Tujuan kegiatan PPL adalah memberikan pengalaman mengajar di kelas, selain mengajar diharapkan praktikan mampu melaksanakan praktik persekolahan yang ada di sekolah, sehingga praktikan tidak hanya mendapatkan pengalaman mengajar saja tetapi dapat melaksanakan tugas-tugas lain yang ada di sekolah. SMK YPKK 1 Sleman berlokasi di Mejing Wetan, Ambarketawang, Gamping, Sleman. SMK YPKK 1 Sleman merupakan sekolah yang memiliki potensi cukup besar. SMK YPKK 1 Sleman memiliki 3 kompetensi keahlian yaitu: KK Akuntansi, KK Rekayasa Perangkat Lunak, dan KK Farmasi. Bimbingan mengenai apa yang harus dilakukan sebelum melaksanakan praktik mengajar di sekolah juga telah diberikan sebelumnya oleh guru pembimbing praktikan yaitu ibu Dra Siti Rumuini selaku pembimbing praktikan dalam mengajar mata pelajaran Praktik Akuntansi Manual (PAM) kelas XI. Tidak hanya prosedur pelaksanaan pembelajaran di kelas, namun juga mengenai penyusunan administrasi guru yang lengkap, baik, dan sesuai peraturan yang berlaku. Praktikan juga diajarkan untuk bertugas menjadi guru piket, piket jaga perpustakaan, membimbing iqra’, mendampingi ekstrakulikuler diantaranya : pramuka, volly, tenis meja dan karawitan. Pengalaman praktik mengajar praktikan laksanakan sebanyak 11 kali mengajar dan 2 kali ulangan harian di kelas XI Akuntansi. Praktikan mengajar 6 kali di kelas XI Akuntansi 1 dan 1 kali untuk ulangan harian serta kali 5 kali di kelas XI Akuntansi 2 dan 1 kali ulangan harian, untuk standar kompetensi Mengerjakan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Sistem Periodik dengan kurikulum KTSP dan KD 2 yaitu Mengelola Buku Jurnal. Praktik persekolahan yang praktikan laksanakan di SMK YPKK 1 Sleman diantaranya piket guru dilaksanakan setiap hari Rabu dengan membantu guru piket melaksanakan tugastugas guru piket, selain itu praktikan juga melaksanakan bimbingan iqra’ setiap hari Jum’at, ekstrakulikuler volly dan tenis meja setiap hari Senin, karawitan setiap hari Selasa, pramuka setiap hari Rabu setelah pulang sekolah dan untuk piket jaga perpustakan dilaksanakan praktikan pada saat praktikan tidak memiliki jadwal mengajar dan aktifitas lainnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktikan, PPL UNY, SMK YPKK 1 Sleman, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Feb 2017 06:24
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46701

Actions (login required)

View Item View Item