LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK YPKK 1 SLEMAN Jl. Sayangan 5, Mejing Wetan, Ambarketawang, Gamping, Sleman

Rizka Ardistya, Rizka Ardistya (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK YPKK 1 SLEMAN Jl. Sayangan 5, Mejing Wetan, Ambarketawang, Gamping, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FE_PEND. AKUNTANSI_13803241001_RIZKA ARDISTYA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu kegiatan yang harus ditempuh oleh semua mahasiswa UNY yang mengambil prodi atau jurusan pendidikan. Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang diberikan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berguna untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Melalui kegiatan PPL tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar mengajar dan pengalaman dalam praktik persekolahan. SMK YPKK 1 Sleman berlokasi di Mejing Wetan, Ambarketawang, Gamping, Sleman. SMK YPKK 1 Sleman memiliki 3 kompetensi keahlian yaitu: KK Akuntansi, KK Rekayasa Perangkat Lunak, dan KK Farmasi. Dalam kegiatan PPL, mahasiswa PPL diberi kepercayaan untuk mengajar tentang Program Pengolah Angka/ spreadsheet yang dilaksanakan setiap hari Sabtu kelas XII Akuntansi dengan waktu 2 x 45 menit setiap kelasnya. Selain praktik mengajar mahasiswa PPL juga melaksanakan praktik persekolahan seperti piket guru, jaga perpustakaan, jaga kelas bila ada guru yang tidak hadir, pendampingan Ekstrakurikuler, pramuka, pendampingan Iqra’ atau mengaji serta jalan sehat. Seluruh rangkaian kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah praktikan laksanakan telah memberikan banyak pengalaman. Praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 9 kali dan 2 kali ulangan. Dengan materi yang diajarkan bukti transaksi sebanyak 1 kali mengajar, penggunaan rumus IF sebanyak 2 kali mengajar, jenis dan fungsi rumus sebanyak 2 kali mengajar dan penggunaan fungsi Vlookup dan Hlookup sebanyak 4 kali mengajar. Praktik persekolahan dilakukan setiap hari Jumat berupa piket guru dan pendampingan Iqra’ (mengaji), Pramuka yang dilaksanakan setiap hari Rabu, pendampingan ekstrakurikuler yaitu volley dan tenis meja setiap hari Senin, piket perpustakaan yang dilakukan praktikan bila tidak ada jam mengajar atau sedang tidak ada aktivitas lainnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktikan, SMK YPKK1 Sleman, PPL, Akuntansi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Feb 2017 04:35
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46697

Actions (login required)

View Item View Item