Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sibulue, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Mappapoleh, Ni'ma Andriani (2017) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sibulue, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nima adriani mappapoleh-14703251018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur: (1) kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) kontribusi supervisi akademik terhadap kinerja guru, (3) kontribusi iklim organisasi terhadap kinerja guru, dan (4) kontribusi kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademik, dan iklim organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sibulue, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah sebanyak 32 Sekolah Dasar (SD). Keseluruhan jumlah populasi digunakan sebagai sampel yaitu 32 Sekolah Dasar. Penentuan responden dilakukan dengan teknik stratified random sampling sehingga diperoleh jumlah responden sebanyak 185 guru. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan validitas item yang mendapat pertimbangan ahli dan uji empirik, selanjutnya reliabilitas instrumen dengan teknik korelasi product moment pada taraf signifikansi 0,05. Uji persyaratan analisis terdiri atas uji normalitas, linearitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan dari kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 10,6%; (2) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan dari supervisi akademik terhadap kinerja guru sebesar 24,8%; (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan dari iklim organisasi terhadap kinerja guru sebesar 27,5%; dan (4) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan dari kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademik, dan iklim organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 62,9%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademik, iklim organisasi, kinerja guru.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Feb 2017 03:07
Last Modified: 22 Oct 2021 03:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46688

Actions (login required)

View Item View Item