LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 1 PAKEM (Jl. Kaliurang Km. 17,5 Pakem Sleman Yogyakarta) 18 Juli s/d 15 September 2016

Mujahid Ainurohim, Mujahid Ainurohim (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 1 PAKEM (Jl. Kaliurang Km. 17,5 Pakem Sleman Yogyakarta) 18 Juli s/d 15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL UNY 2016_SMA N 1 Pakem_Mujahid Ainurohim.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di Indonesia ini perlu generasi muda yang akan terus berjuang untuk memajukan bangsa. Salah satunya dibidang pendidikan. Bila kita berkaca dari negara yang sudah maju dalam dunia pendidikan maka dapat dilihat hasil yang diperoleh juga negara tersebut maju dalam berbagai aspek. Sekarang, generasi mudalah yang dapat menentukan kedepan negara Indonesia ini bergerak, terutama dalam bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan di perkuliahan jurusan pendidikan terdapat mata kuliah Pratik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktek tersebut melatih para calon pengajar-pengajar bangsa agar dapat memberikan pembelajaran yang baik dan memotivasi peserta didik sehingga diharapkan kedepan bangsa ini dapat berkembang dengan baik. Dari PPL ini kami para mahasiswa pendidikan juga mendapat pengalaman bagaimana mestinya menjadi pendidik yang baik. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL. Lokasi PPL berada di SMA Negeri 1 Pakem yang merupakan salah satu sekolah unggulan di Yogyakarta, khususnya di Kabupaten Sleman. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada Guru Pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan kegiatan mengajar di kelas X MIPA 1, X MIPA 2, X MIPA 3, X IPS 1, X IPS 2. Materi yang diajarkan adalah “Peran Ilmu Kimia dalam Kehidupan” dan “Struktur Atom” dengan alokasi waktu 15 jam pelajaran. Total pertemuan untuk kelima kelas tersebut adalah 38 pertemuan. Perlu kita ketahui peserta didik memiliki kemampuan berbeda-beda dan kesibukan di luar jam sekolah yang berbeda-beda pula. Hal ini berpengaruh pada strategi mengajar yang diterapkan praktekan. Model pembelajaran yang diterapkan adalah Problem Based Learning (PBL). Sementara itu, metode pembelajaran yang sering digunakan adalah metode ceramah exlpanatory. Hasil pembelajaran menunjukkan data yang terdistribusi normal. Semua peserta didik telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) setelah melalui proses KBM, ulangan harian dan remidi. Remidi dilakukan pada saat diluar jam kegiatan belajar dan mengajar. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih 8 minggu di SMA Negeri 1 Pakem ini dapat diperoleh hasilnya yaitu berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktek mengajar di bidang Pendidikan Kimia yang didapatkan selama di bangku perkuliahan. Banyak sekali ilmu yang telah didapat, terkadang juga bingung untuk cara penyampaiannya. Meskipun demikian tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan PPL ini. Penyusun berharap supaya hubungan kerjasama antara pihak sekolah dan PL PPL dan PKL UNY tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: ceramah explanatory, Kimia, PPL UNY 2016, SMA N 1 Pakem, Peran Ilmu Kimia dalam Kehidupan dan Struktur Atom.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Feb 2017 02:31
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46684

Actions (login required)

View Item View Item