LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA NEGERI 1 PAKEM (Jalan Kaliurang Km 17,5 Pakem Sleman Yogyakarta) 15 Juli s/d 15 September 2016

Fergiana Diky Saputri, Fergiana Diky Saputri (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA NEGERI 1 PAKEM (Jalan Kaliurang Km 17,5 Pakem Sleman Yogyakarta) 15 Juli s/d 15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL UNY 2016_SMA N 1 Pakem_Fergiana Diky Saputri.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Hal ini ditujukan sebagai bekal mahasiswa kependidikan dalam mencari pengalaman mengajar sebelum menjadi tenaga pendidik yang sesungguhnya. Praktik Pengalaman Lapangan yang dilaksanakan oleh penyusun berada di SMA Negeri 1 Pakem. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman, informasi mengenai proses pembelajaran di kelas dan proses tata kelola organisasi dan struktur yang ada di sekolah. Sebelum pelaksanaan PPL, terlebih dahulu dilakukan penyerahan ke sekolah pada tanggal 22 Februari 2016 sebagai bahan persiapan pelaksanaan PPL. Selanjutnya dilakukan pula kegiatan observasi ke sekolahan untuk mencari tahu informasi apa saja yang nantinya akan digunakan selama proses pembelajaran di kelas. Dalam pelaksanaannya PPL terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil pembelajaran. Sedangkan pelaksanaan PPL yang dilaksanakan mulai tanggal 13 Juli sampai 16 September 2016, program individu yang akan dilaksanakan berupa praktik mengajar mandiri dan terbimbing untuk mata pelajaran Sosiologi kelas X MIPA 3, X IPS 1 dan X IPS 2. Untuk mendukung kegiatan penyampaian materi pada peserta didik diperlukan beberapa perangkat pembelajaran berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), prota, prosem, buku pegangan, dan referensi materi pelajaran dari internet atau sumber lainnya. Untuk menguji hasil belajar siswa, dibuat pula soal ulangan harian kemudian tindak lanjutnya adalah program remedial bagi siswa. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih 2 bulan di SMA Negeri 1 Pakem ini dapat diperoleh hasilnya yaitu berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik pengalaman mengajar di bidang Pendidikan Sosiologi yang selama ini didapatkan di bangku perkuliahan. Walaupun demikian, tetap masih saja ada hambatan dalam pelaksanaan PPL ini. Penyusun berharap supaya kerjasama antara pihak sekolah dengan UNY tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Observasi, SMA Negeri 1 Pakem
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Feb 2017 01:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46681

Actions (login required)

View Item View Item