LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 1 PKEM (Jl. Kaliurang Km. 17,5 Pakem Sleman Yogyakarta) 15 Juli s/d 15 September 2016

ANDRI PRASETYO BANU AJI, ANDRI PRASETYO BANU AJI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 1 PKEM (Jl. Kaliurang Km. 17,5 Pakem Sleman Yogyakarta) 15 Juli s/d 15 September 2016. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
PPL UNY 2016_SMA N 1 Pakem_Andri Prasetyo Banu Aji.pdf

Download (43MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pakem yang terletak di Jalan Kalirang Km. 17,5 dan berlangsung selama kurang lebih 5 minggu, sejak tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama duduk di bangku perkuliahan dalam kehidupan nyata, baik di lembaga pendidikan formal, lembaga pendidikan non formal, maupun masyarakat. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini dapat memberikan bekal pengalaman bagi mahasiswa untuk membentuk tenaga kependidikan yang profesional, siap memasuki dunia pendidikan, serta memilki empat kompetensi pendidik, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Kegiatan Praktik Pengalamam Lapangan (PPL) dilakukan secara bertahap, mulai dari pembekalan, penerjunan, observasi, pelaksanaan praktik mengajar, hingga praktikanan laporan. Kegiatannya meliputi praktik mengajar dan kegiatan lain yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Praktik mengajar dilakukan di kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, dan XI MIPA 3 dengan jumlah 27 kali pertemuan. Hasil yang dicapai selama PPL ialah praktikan memperoleh pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan lancar umumnya sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) meskipun masih terdapat beberapa hambatan. Hambatan tersebut dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan pihak yang terkait yaitu guru dan dosen pembimbing sehingga segera dapat diselesaikan. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mahasiswa dapat menerapkan ilmunya secara langsung dalam kegiatan pembelajaran, mahasiswa dapat memahami permasalahan yang mungkin timbul dalam kegiatan pembelajaran di sekolah serta cara mengatasinya, dan mahasiswa dapat melatih keterampilannya untuk menjadi pendidik yang profesional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), pembelajaran, SMA Negeri 1 Pakem
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 01 Feb 2017 00:27
Last Modified: 01 Feb 2017 00:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46668

Actions (login required)

View Item View Item