LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi: SMP N 1 MUNGKID Jl. Raya Blabak Magelang 15 Juli 2016 – 15 September 2016

IGNATIA DEWI PURWANINGSIH, IGNATIA DEWI PURWANINGSIH (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi: SMP N 1 MUNGKID Jl. Raya Blabak Magelang 15 Juli 2016 – 15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13416244004_Ignatia Dewi.P.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mempunyai program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan sebagai sebuah kegiatan yang menyangkut profesinya s ebagai tenaga pendidik. Pada program ini, mahasiswa dituntut untuk bisa mengembangkan ilmu yang didapatkan di kampus untuk diterapkan secara langsung di lapangan (sekolah). Pelaksanaan PPL ini berlangsung di SMP N 1 Mungkid. Program PPL ini dilaksanakan dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 (2 bulan). Sebelum praktek lapangan ini dilaksanakan, terlebih dahulu mahasiswa beserta Dosen Pembimbing Lapangan terjun ke sekolah untuk melakukan observasi. Selain itu juga dilakukan berbagai persiapan lain baik yang sudah diprogramkan oleh pihak kampus maupun individu itu sendiri. Selain persiapan yang dilakukan di lapangan, ada juga persiapan yang dapat dilakukan di kampus yaitu berupa pembelajaran mikro (micro teaching), pembekalan, observasi, pembuatan perangkat pembelajaran, pengadaan silabus, membuat program tahunan, program semester, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), praktik mngajar (real teaching), menyusun administrasi pembelajaran. Hasil dari kegiatan PPL di SMP N 1 Mungkid antara lain praktik mengajar sebanyak 22 kali tatap muka pertemuan di kelas VII F, VII G dan VII H, selain itu juga melakukan pendampingan guru pembimbing di kelas VIII G, VIII H dan VIII I, dan tak lupa mengikuti berbagai kegiatan non akademis yang diadakan sekolah seperti kegiatan OSIS dan pramuka. Kegiatan PPL ini kami rasa sangat memberikan manfaat yang besar terutama bagi praktikan dalam rangka sebagai wadah dalam mengembangkan ilmu yang didapatkan pada saat perkuliahan. Meskipun terdapat hambatan-hambatan kecil pada saat pelaksanaan PPL, hal tersebut justru membuat kami belajar hal-hal baru yang secara dinamis pasti akan kita hadapi nantinya ketika selesai menempuh pendidikan strata satu ini. Masih terdapat banyak kekurangan dalam pelaksaanan PPL ini, akan tetapi kami selalu berusaha untuk menjadi lebih baik dari hari sebelumnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 1 Mungkid, pembelajaran.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Jan 2017 06:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46654

Actions (login required)

View Item View Item