Evaluasi Program Pelatihan Desa Prima Di Kelurahan Brontokusuman Kecamatan Mergangsan Kota Yogyakarta yang Diselenggarakan Oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Kota Yogyakarta.

Mufidah, Lina (2016) Evaluasi Program Pelatihan Desa Prima Di Kelurahan Brontokusuman Kecamatan Mergangsan Kota Yogyakarta yang Diselenggarakan Oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lina-mufidah-13702251019.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan: (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) evaluasi tingkat reaksi pada pelatihan program desa PRIMA, (d) evaluasi tingkat hasil belajar pada pelatihan program desa PRIMA, (e) evaluasi tingkat perubahan perilaku pada pelatihan program desa PRIMA, dan (f) evaluasi tingkat hasil pada pelatihan program desa PRIMA Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan evaluasi. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling terdiri dari seorang perancang pelatihan, 2 orang fasilitator, 4 orang peserta pelatihan, 4 orang tetangga/kerabat peserta. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket, wawancara yang mendalam, dan analisis dokumen. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menunjukkan tiga temuan : pertama, tingkat keterlaksanaan perencanaan pelatihan adalah sebesar 87% dalam kategori baik, dengan perincian menurut perancang pelatihan, fasilitator, dan peserta tingkat keterlaksanan perencanaan pelatihan masing-masing sebesar 100%, 80%, 80%; kedua tingkat keterlaksanaan pelaksanaan pelatihan adalah sebesar 98% dalam kategori baik, dengan perincian menurut perancang pelatihan, fasilitator, dan peserta tingkat keterlaksanan perencanaan pelatihan masing-masing sebesar 100%, 100%, 94%; ketiga, hasil evaluasi reaksi didapatkan reaksi terhadap pelatihan dapat dikatakan cukup memuaskan, keempat hasil evaluasi hasil belajar didapatkan hasil belajar para peserta cukup, kelima hasil evaluasi perubahan perilaku didapatkan mengalami perubahan yang cukup signifikan, dan keenam pelatihan memberikan cukup dampak terhadap peningkatan pendapatan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi program, pelatihan, dan desa PRIMA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Jan 2017 03:22
Last Modified: 09 May 2019 07:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46651

Actions (login required)

View Item View Item