Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Lab Work untuk Meningkatkan Prestasi Belajar, Sikap Rasa Ingin Tahu dan Teliti, Serta Keterampilan Proses IPA Siswa Kelas IX SMP.

Mursito, Herman (2016) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Lab Work untuk Meningkatkan Prestasi Belajar, Sikap Rasa Ingin Tahu dan Teliti, Serta Keterampilan Proses IPA Siswa Kelas IX SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-herman-mursito-14708259009.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk SSP IPA yang layak untuk meningkatkan prestasi belajar, sikap rasa ingin tahu dan teliti, serta keterampilan proses IPA pada materi listrik dinamis untuk siswa kelas IX SMP, dan (2) mengetahui keefektifan SSP IPA tersebut sebagai acuan kegiatan pembelajaran bagi guru IPA SMP Kota Yogyakarta yang mengalami kesulitan. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) menurut Borg & Gall. Uji coba dilakukan di SMP Negeri 10 Yogyakarta. Subjek uji coba lapangan terbatas adalah 12 siswa kelas IX, sedangkan subjek coba uji lapangan operasional adalah 60 siswa yang dibagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang dignakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli, lembar angket, lembar observasi, dan soal tes. Lembar validasi ahli digunakan untuk mengetahui kelayakan produk SSP IPA berbasis lab work, lembar angket digunakan untuk mengetahui peningkatan sikap rasa ingin tahu dan teliti, lembar observasi digunakan untuk mengamati keterampilan proses IPA, dan soal tes digunakan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar. Statistik diskriptif berupa tabel dan diagram digunakan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar, sikap rasa ingin tahu dan sikap teliti, serta ketermpilan proses IPA. Analisis data dilakukan melalui konversi skor ke nilai skala 100. Uji statistik yang digunakan adalah uji normalitas dan homogenitas data pretes, dan uji Manova dengan taraf signifikansi 0,05 untuk mengetahui pengaruh produk SSP terhadap gain skor peningkatan prestasi belajar, sikap rasa ingin tahu dan teliti, serta keterampilan proses IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SSP IPA berbasis lab work secara keseluruhan layak untuk dipergunakan dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar, sikap rasa ingin tahu dan telit, serta keterampilan proses IPA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SSP, hakikat IPA, SSP IPA, prestasi belajar, sikap rasa ingin tahu dan teliti, keterampilan proses IPA, dan listrik dinamis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Jan 2017 02:56
Last Modified: 09 May 2019 07:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46648

Actions (login required)

View Item View Item