Pengaruh Variasi Jenis Pupuk terhadap Keanekaragaman dan Dinamika Populasi Artropoda Permukaan Tanah (Epifauna) pada Lahan Pertanian Tomat (Lycopersicum esculentum Mill)

Arifta, Yoyon (2016) Pengaruh Variasi Jenis Pupuk terhadap Keanekaragaman dan Dinamika Populasi Artropoda Permukaan Tanah (Epifauna) pada Lahan Pertanian Tomat (Lycopersicum esculentum Mill). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Yoyon Arifta.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi jenis pupuk terhadap keanekaragaman dan dinamika populasi Artropoda permukaan tanah (Epifauna) pada lahan pertanian tanaman tomat (Lycopersicum esculentum Mill. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian rancangan acak lengkap (RAL). Penelitian dilaksanakan sejak bulan Mei-Oktober 2015, bertempat di kebun percobaan Fakultas Pertanian UGM, Banguntapan, Sleman, Yogyakarta. Pupuk yang digunakan yaitu pupuk NPK (PU) 0,02 kg/m2, pupuk kascing (PC) 2 kg/m2, pupuk kandang (PK) 2 kg/m2, dan pupuk kompos (PKM) 2 kg/m2. Masing-masing perlakuan pupuk terdiri dari 5 kali ulangan sehingga terdiri dari 20 plot. Setiap plot berukuran 2 m2 dengan 16 tanaman tomat. Pengamatan terfokus pada Artropoda permukaan tanah (epifauna), dan dilakukan setiap 2 minggu sekali dengan metode nisbi yaitu menggunakan cawan jebak (pitfall trap). Hasil penelitian komposisi jenis terdiri 23 genus dari 18 famili. Artropoda yang mendominasi adalah Formicidae dan kelas Collembola (Entomobridae). Nilai Indeks keanekaragaman menunjukan bahwa pupuk kandang (PK) memiliki indeks keanekaragaman tertinggi yaitu 1,47, sedangkan secara keseluruhan perlakuan pupuk termasuk dalam kategori sedang (1<H’<3). Faktor kimia tanah (BO, C/N, C organik, KTK, dan N) mempengaruhi komposisi jenis dan keanekaragaman. Faktor edafik tanah di uji dengan uji regresi linier tidak memiliki pengaruh nyata. Dinamika populasi epifauna pada pupuk NPK menunjukan grafik yang berbeda dengan perlakuan pupuk yang lain. Dinamika populasi dipengaruhi oleh mekanisme top down, mekanisme bottom up dan kesamaan jenis. Hasil uji Anova menunjukan bahwa pengaruh variasi jenis pupuk terhadap keanekargaman dan dinamika populasi epifauna tidak signifikan (Sig. > 0,05) sehingga tidak berpengaruh nyata. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian perlakuan variasi jenis pupuk tidak berpengaruh nyata terhadap keanekaragaman dan dinamika populasi Artropoda permukaan tanah (epifauna) pada lahan pertanian tomat. viii Kata kunci : variasi pupuk, Artropoda, epifauna, keanekargaman, dinamika populasi, lahan tanaman tomat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 01 Feb 2017 03:54
Last Modified: 30 Jan 2019 13:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46642

Actions (login required)

View Item View Item